Ananda, Dyas Aditya Rey (2023) Pengembangan media learning history mobile (lymo) materi perang diponegoro 1825-1830 untuk siswa kelas xi SMAN 3 magetan / Dyas Aditya Rey Ananda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi di era Revolusi Industry 4.0 menjadi tantangan bagi setiap sektor kehidupan termasuk pendidikan. Sarana pembelajaran sejarah berorientasi dengan kemajuan teknologi dengan menghasilkan inovasi media pembelajaran sejarah. Inovasi media pembelajaran sejarah berbasis aplikasi sangat relevan dengan kondisi sekarang yang mayoritas sudah terhubung dengan smartphone dan dengan penggunaan media digital yang meningkat secara pesat. Potensi yang ada sangat banyak mengingat kebutuhan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT. Guru juga dapat mengatur pembelajaran dan menggunakan media untuk mentransfer materi secara digital sebagai konsep efektif dan efisien dengan memaksimalkan kemajuan teknologi. Hal ini berdasar pada kebutuhan yang perlu dicapai. Kondisi di lapangan tentu menjadi alasan terhadap adanya inovasi media pembelajaran sejarah berbasis aplikasi seperti guru masih menggunakan media PowerPoint (PPt) buku teks serta masih belum maksimal dalam pemanfaatan media pembelajaran. Dari analisis tersebut maka dilakukan pengembangan media Learning History Mobile (LYMO) untuk pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model ADDIE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pada data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian dari validasi ahli media ahli materi serta hasil uji coba (small group trial dan field trial) yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPS 1 SMAN 3 Magetan. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini terdiri dari data yang dihasilkan dari angket. Kemudian data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil analisis dari observasi saran masukan kritik dari para ahli maupun siswa dan hasil dari dokumentasi selama kegiatan uji coba. Responden atau populasi untuk data penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 3 Magetan dengan melakukan uji coba media aplikasi lsquo LYMO rsquo untuk menilai tingkat validitas dan efektivitas media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validasi ahli materi yaitu 98 4% dan ahli media sebesar 81 8%. Pada tahap dari kegiatan small group trial mendapat nilai persentase sebesar 83% terhadap aplikasi lsquo LYMO rsquo . Kemudian untuk standar kelayakan beikutnya yaitu pada hasil uji coba dalam kegiatan field trial mendapatkan persentase sebesar 88%. Berdasarkan tingkat persentase tersebut kriteria penilaian masuk dalam golongan penilaian pada persentase 81%-100% yaitu sangat valid dan sangat layak sehingga media pembelajaran berbasis aplikasi lsquo LYMO rsquo dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini disarankan (1) untuk digunakan sebagai sarana media dalam belajar sejarah pada materi KD 3.2 tentang menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis Spanyol Belanda Inggris) sampai abad ke-20 (2) menjadi acuan kedepannya untuk berinovasi di bidang pembelajaran sejarah tentang bagaimana menyajikan konten sejarah secara menarik dan efektif di tengah perkembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:01 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317794 |
Actions (login required)
View Item |