Efektivitas penggunaan sumber belajar museum virtual sumpah pemuda dalam mata pelajaran sejarah terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi IPS di MAN 2 banyuwangi / Gilang Hasbi Asshidiqi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan sumber belajar museum virtual sumpah pemuda dalam mata pelajaran sejarah terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi IPS di MAN 2 banyuwangi / Gilang Hasbi Asshidiqi</p>

Asshidiqi, Gilang Hasbi (2023) Efektivitas penggunaan sumber belajar museum virtual sumpah pemuda dalam mata pelajaran sejarah terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi IPS di MAN 2 banyuwangi / Gilang Hasbi Asshidiqi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan berbagai sumber belajar merupakan upaya pemecahan masalah belajar dan teknologi pendidikan berperan untuk membantu pemecahan masalah belajar dapat terjadi dalam bentuk sumber belajar yang dirancang dipilih dan/atau dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Peranan sumber belajar erat sekali hubungannya dengan pola pembelajaran yang dilakukan. Hal itu karena sumber belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong peserta didik untuk lebih mudah dalam proses pembelajaran. Salah satu potensi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar adalah dengan menggunakan museum virtual. Terdapat berbagai macam museum virtual salah satu museum yang telah memiliki fitur virtual adalah museum Sumpah Pemuda. Hal itu membuka peluang untuk pemanfaatan museum Sumpah Pemuda sebagai sebuah sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Museum virtual Sumpah Pemuda cocok untuk dijadikan sebagai sumber belajar karena mampu menghadirkan informasi-informasi penting yang dikemas secara lengkap dan jelas sehingga mampu untuk diserap oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan museum virtual sebagai sumber belajar sejarah di MAN 2 Banyuwangi 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan museum virtual sumpah pemuda sebagai sumber belajar sejarah di MAN Banyuwangi 3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan museum virtual sumpah pemuda terhadap hasil belajar peserta didik melalui sebagai sumber belajar sejarah di MAN Banyuwangi. Pendekatan dan jenis penelitian yang dipakai merupakan penelitian kuantitatif berbentuk eksperimen jenis quasi experiment. Desain yang dipakai adalah nonequivalent control group design dengan menggunakan 2 kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing diberikan perlakuan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan lembar kuesioner. Analisis data dilaksanakan melalui statistik inferensial dengan melaksanakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas uji homogenitas uji linieritas uji regresi linier sederhana dan dilanjutkan dengan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test serta uji n-gain. Hasil dari penelitian ini yakni 1) Proses pembelajaran sejarah menggunakan sumber belajar museum virtual dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana memperlihatkan jika nilai t-hitung memiliki nilai yang lebih besar t-tabel (9 904 gt 2 035). Hal itu menunjukkan bahwa sumber belajar museum virtual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sehingga mempengaruhi proses pembelajaran sejarah (peminatan). 2) Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan oleh hasil uji independent sample t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0 00 sehingga taraf signifikansi lebih kecil dari 0 05 (0 00 lt 0 05). 3) Efektivitas penggunaan museum virtual Sumpah Pemuda sebagai sumber belajar dapat dilihat dari hasil uji n-gain memperlihatkan hasil tafsiran efektivitas n-gain nilai kelas eksperimen 80 3370 berada pada rentang gt 76 (efektif) dan nilai kelas kontrol 55 6984 berada pada rentang 40-55 (kurang efektif). Dari hasil tersebut memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan museum virtual Sumpah Pemuda sebagai sumber belajar sejarah memberikan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran sejarah. Peserta didik lebih mudah dalam menangkap materi pembelajaran dan ditunjukkan oleh perbedaan hasil masing-masing kelompok. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumber belajar museum virtual efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah peminatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 02:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317789

Actions (login required)

View Item View Item