Afdilah, Moch Bastomi (2022) Implementasi pemikiran Al-Zarnuji tentang metode belajar dalam kitab ta\'lim al-muta\'allim di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri / Moch Bastomi AFdilah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan bidang pendidikan pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah memunculkan beberapa tokoh ilmuan Islam dalam memberikan sumbangan keilmuan salah satunya adalah Al-Zarnuji. Sebagai seorang Ulama dan ilmuan muslim ia menyalurkan pemikirannya melalui karya yang ia tulis untuk mengatasi permasalahan pelajar di masanya dan hingga kini masih bertahan untuk dijadikan rujukan dalam pembelajaran di Pesantren salaf yakni kitab Ta rsquo lim Al-Muta rsquo allim. Salah satu aspek yang ditekankan dalam kitab tersebut adalah mengenai metode belajar dengan landasan spiritual dalam paradigmanya. Tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi metode belajar dalam kitab Ta rsquo lim Al-Muta rsquo allim sebagai karya Al-Zarnuji dan juga menganalisis pada riwayat pemikiran AlZarnuji yang melatarbelakangi penulisan kitab Ta rsquo lim Al-Muta rsquo allim. Selain itu tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai refleksi tentang adanya nilai karakter yang ditimbulkan dari proses belajar di Pondok Pesanten melalui metode belajar berdasarkan kitab Ta rsquo lim Al-Muta rsquo allim. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka kegiatan observasi wawancara dan melakukan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat lima metode belajar yang termuat dalam pasal 6 kitab Ta rsquo lim Al-Muta rsquo allim. Dari lima metode belajar tersebut telah diterapkan oleh santri di Pondok Pesantren yang berguna memberikan timbal balik berupa nilai karakter seperti tawadh rsquo kerja keras bijaksana disiplin dan gotong royong. Hasil lain mengungkapkan bahwa kitab yang ditulis sekitar abad 12 hingga awal abad 13 M dengan konsep behaviorismenya menjadi alasan dipertahankan pengajarannya di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |