Pengaruh kualitas menu dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada Warung Bebek Sinjay Karangploso Malang) / Yan Agung Pamungkas

Pamungkas, Yan Agung (2016) Pengaruh kualitas menu dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada Warung Bebek Sinjay Karangploso Malang) / Yan Agung Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agung, Yan. 2015. PengaruhKualitas MenudanLokasiterhadapKeputusan Pembelian (StudipadaWarung Bebek Sinjai Karangploso Malang).Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Sopiah, M.pd, M.M (2) Dr. Titis Shinta Dewi, M.M. Kata kunci : Kualitas Menu, Lokasi, Keputusan Pembelian. Kebutuhanmasyarakat Indonesia akan kebutuhan primermembuatpelaku usaha menciptakan peluang usaha untuk memperoleh keuntungan. Terdapat beberapa para pelaku usaha bidang kuliner yang menyajikanmenu makanan bebek di Kota Malang.Keberadaan warung makan yang sangat banyak, pihakmanajemenkulinerharusselaluberadaptasidanselaluberinovasiterhadapperubahan-perubahan yang ada di pasar. Dalam penelitian ini menggunakan tiga buah variabel yaitu variabel bebas (X1) kualitas menu (X2) dan lokasi (Y) Keputusan pembelian, populasi dalam penelitian ini adalah konsumenWarung Rumah Makan Bebek Sinjaidengan rumus infinite population. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Tekhnik sampel memakai teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner..Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada variabel kualitas menu mayoritas responden menyatakan setuju (2) variabel lokasi mayoritas responden menyatakan setuju (3) variabel keputusan pembelian mayoritas responden menyatakan setuju. Hasil analisis regresi linier berganda adalah: Nilai thitung >ttabel dengan yaitu5,909>1,969 atau sig. t (0,000) <&#945; = 0.05variabel kualitas menu, maka H0 ditolak dan H1 diterima. variabel lokasi7,907>1,969 atau sig. t (0,000) <&#945; = 0.0 thitung >ttabel dengan hasil 4.828>1.65267 dan Sig <&#945; dengan hasil 0.000< 0.05 maka H0 dalam penelitian ini ditolak dan H1 diterima. Hasilujidominanadalahlokasi (X2) lebihdominanmempengaruhikeputusan pembeliandibandingkankualitas menu (X1) dengankoefisien terstandarisasi Beta paling besar, yaitu sebesar 0,351. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa persepsi responden terhadap pengaruh kualitas menuterhadapkeputusan pembeliandi Warung bebek sinjai karangploso Malang terlihat sudah baik. Hal tersebutdikarenakanrespondenmerasakan kenikmatan dan keunggulan dalampenyajianmakanandi Warung bebek sinjai karangploso Malang danmemilikikeunikantersendiri yang membuatrespondenlebihtertarikuntukberbelanja (2) Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa persepsi responden terhadap pengaruh lokasiterhadapkeputusan pembeliandi Warung bebek sinjai Karangploso Malang terlihat sudah baik. Hal inidiketahuidaribanyaknyaresponden yang datang di Warung bebek sinjai Karangploso Malangkarenaakses dan lokasi yang strategis.(3) Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas menuberpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembeliandi Warung Bebek Sinjai Karangploso Malang(4) Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasiberpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembeliandi Warung Bebek Sinjai Karangploso Malang(5) Variabel bebas yang dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembeliandi Warung Bebek Sinjai Karangploso Malangadalahlokasi(X2) karena memiliki koefisien Standardized (&#946;) paling besar dibandingkan dengan X1kualitas menu.Saran yang dapat diberikan peneiti adalah: (1) Pihakmanajemen Warung Bebek Sinjai sebaiknya menjelaskan kembali dengan detail kepada pelanggan mengenai gizi, cara penyajian dan pembuatan di Warung Bebek Sinjai Karangploso Malang. (2) Bagi peneliti selanjutnya, Apabila peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan, penelitidiharapkandapat menambahkanvariabel-variabel lain di luarvariabel yang ditelitidalampenelitianini agar mendapatkanhasil yang lebihvariatif dan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian seperti brand image dan harga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31765

Actions (login required)

View Item View Item