Pelaksanaan strategi pemasaran bisnis franchise cokelat klasik dalam perspektif analisis SWOT (studi kasus pada bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City) / Ratu Tita Quritama Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan strategi pemasaran bisnis franchise cokelat klasik dalam perspektif analisis SWOT (studi kasus pada bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City) / Ratu Tita Quritama Putri

Putri, Ratu Tita Quritama (2016) Pelaksanaan strategi pemasaran bisnis franchise cokelat klasik dalam perspektif analisis SWOT (studi kasus pada bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City) / Ratu Tita Quritama Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Tita Quritama Ratu. 2015. Pelaksanaan Strategi Pemasaran Bisnis Franchise Cokelat Klasik Dalam Prespektif Analisis SWOT (Studi Pada Bisnis Franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S-I Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt. M.Bus (2) Dr. Titis Shinta Dewi S.P. M.M Kata Kunci Strategi Pemasaran Franchise Analisis SWOT Cokelat Klasik Bisnis franchise Cokelat Klasik merupakan jenis waralaba dalam negeri yang menerapkan sistem format bisnis kuliner minuman berbahan dasar coklat yang menawarkan sistem yang komplit dan komprehensif tentang tata cara menjalankan bisnis. Dalam bisnis ini terdapat peran franchisor dan franchisee yang memilih lokasi bisnisnya terletak pada Mall Dinoyo City.Franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City perlu melihat dari prespektif analisis SWOT dalam pelaksanaan strategi pemasaran bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City (2) posisi franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City berdasarkan analisis SWOT dan (3) strategi pemasaran apakah yang dapat diterapkan dan menjadi pilihan terbaik pada bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi mengenai lingkungan eksternal dan internal perusahaan dengan menggunakan analis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan owner pihak franchisee Cokelat Klasik Mall Dinoyo City pegawai Cokelat Klasik Mall Dinoyo City dan konsumen yang membeli produk Cokelat Klasik di Mall Dinoyo City sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan catatan lapangan peneliti selama melakukan observasi di Cokelat Klasik Mall Dinoyo City. Metode yang digunakan dalam keabsahan data dalam penelitian menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City yang dilihat berdasarkan analisis SWOT dari segi Kekuatan (1)cepat tanggap dalam melakukan promosi (2) memiliki beberapa varian rasa yang menjadi unggulan (3) placement booth yang strategis (4) power of brand image tertanam positif pada masyarakat (5) stock produk dan penjualan mudah dikontrol (6) kualitas barang sesuai dengan harga (7) SOP yang mudah dipahami pegawai. Kelemahan yang dimiliki oleh bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo antara lain (1) alat produksi kurang maksimal (2) sering terjadi turnover pegawai (3) sering terjadi miscommunication pegawai antar shift (4) ketergantungan restock air dan es batu pada 1 perusahaan (5) ketidaksesuaian SOP dengan kondisi lapangan (6) media promosi yang disediakan franchisor kurang sesuai (7) tidak tersedianya jasa kurir dari franchisor untuk restock barang. Peluang (1)posisi mall yang strategis (2) diadakan event-event yang dilakukan pihak mall (3) akan dibuka bioskop dalam waktu dekat (4) penjualan tidak terpengaruh pada cuaca (5) segmen usia yang tidak terbatas (6) pengunjung mall pada hari libur semakin meningkat dan (7) berkembangnya gaya hidup masyarakat. Sedangkan ancaman yang dihadapi bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City antara lain (1) adanya pesaing sejenis (menjual coklat) yang berada di Mall Dinoyo City (2) adanya pesaing tidak sejenis (merk lain tetapi menjual coklat) yang berada di Mall Dinoyo City (3) fasilitas yang disediakan mall kurang maksimal (4) biaya maintenance dari pihak mall berubah secara sepihak (5) harga bahan penunjang belum dapat dikontrol (6) kompetitor bersaing dengan strategi yang sama (7) beredarnya berita negatif pada Mall Dinoyo City. Bisnis franchise Cokelat Klasik hadir diposisimarket leader untuk minuman cokelat pertama di Kota Malang dengan segmen varian produknya yang mampu dinikmati oleh berbagai kalangan usia status sosial pendidikan dan pekerjaan. Target pasar Cokelat Klasik adalah mahasiswa dari universitas-universitas di sekitar Mall Dinoyo City dengan daya beli yang kuat. Posisi bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City berada pada kuadran I berdasarkan analisis SWOT setelah melakukan perhitungan dengan faktor internal memiliki total skor 2 94 dan faktor eksternal memiliki skor 2 88.Strategi SO yang diterapkan oleh bisnis franchise Cokelat Klasik Mall Dinoyo City dengan berusaha memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara yakni menjalin komunikasi dengan pihak mall tenant lainnya untuk promosi yang akan dibuat agar sesuai dengan event membuat akun-akun media sosial untuk merambah target pasar yang lebih luas meningkatkan kualitas pegawai menyediakan fasilitas menarik bagi pelanggan Cokelat Klasik serta menyediakan produk pelengkap tambahan yang sesuai jika dikonsumsi bersama produk Cokelat Klasik. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan (1) Menjalin komunikasi yang baik dengan para pegawai (2) pihak franchisee dapat membuka cabang gerai baru. Salah satu strategi untuk sukses di bisnis franchise adalah dengan pengembangan usaha yang serupa. Dengan alasan salah satu gerai mampu menunjang atau menutupi gerai yang sedang tidak ramai pengunjung. Untuk biaya bahan baku penunjang juga dapat semakin ditekan dengan membeli dalam jumlah banyak demi memenuhi kebutuhan 2 atau lebih gerai sekaligus. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan menganalisis dengan tema pelayanan terhadap kepuasan konsumen maupun kepuasan franchisee serta dapat membahas strategi pemasaran yang diterapkan bisnis franchise Cokelat Klasik kantor pusat karena bisnis franchise Cokelat Klasik merupakan bisnis baru yang sedang berkembang sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk terus dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item View Item