Asih, Sri (2009) Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman pelatihan, dan masa kerja terhadap produktivitas kerja staff tata usaha di lingkungan Universitas Negeri Malang / Sri Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sumber daya manusia dalam organisasi merupakan aset penting untuk perkembangan organisasi. Dikatakan berharga karena maju mundurnya suatu organisasi tergantung pada sumber daya manusia yang dimiliki. Latar belakang pendidikan merupakan salah satu faktor yang fundamental bagi seorang staf tata usaha karena dengan pendidikan mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Dengan demikian pimpinan harus memprioritaskan para sumber daya manusia dan memperlakukannya dengan baik diantaranya dengan mengikutsertakan dalam pelatihan. Melalui pelatihan karyawan akan menjadi lebih terampil dan berkembang lebih cepat serta bekerja lebih efisien. Pendidikan yang tinggi didukung dengan pelatihan-pelatihan yang diikuti tentunya pekerja tersebut mempunyai masa kerja yang tidak sedikit. Karena masa kerja yang lama maka pengalaman pelatihan yang dimiliki juga semakin banyak. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah keadaan tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja staf tata usaha di UM 2) seberapa tinggi tingkat produktivitas kerja Staf Tata Usaha di UM 3) adakah pengaruh tingkat pendidikan terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di UM 4) adakah pengaruh pengalaman pelatihan terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di UM 5) adakah pengaruh antara masa kerja terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di UM 6) adakah pengaruh tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di UM Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keadaan staf tata usaha tentang tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja 2) mengetahui tingkat produktivitas kerja staf tata usaha di UM 3) mengetahui apakah ada pengaruh antara tingkat pendidikan dan produktivitas kerja staf tata usaha di UM 4) mengetahui apakah ada pengaruh antara pengalaman pelatihan dan produktivitas kerja staf tata usaha di UM 5)mengetahui adanya pengaruh antara masa kerja dan produktivitas kerja staf tata usaha di UM 6)mengetahui adanya pengaruh antara tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja terhadap produkivitas kerja staf tata usaha di UM. Rancangan pada penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan populasi sebesar 332 dan sampel penelitian sejumlah 181 dengan sasaran staf tata usaha golongan IIIa IIIb IIIc dan IIId karena golongan ini merupakan golongan yang mendasar ketika menjalankan tugas dari atasannya dan belum mendapatkan jabatan tambahan. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kondisi tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja dapat dijabarkan sebagai berikut (a)Tingkat pendidikan staf tata usaha di lingkungan Universitas Negeri Malang tergolong tinggi. Dimana sebagian besar tingkat pendidikanya adalah S1 (b) Pengalaman pelatihan staf tata usaha tergolong sangat banyak karena sebagian besar mengikuti pelatihan 8805 8 kali (c) Masa kerja staf tata usaha tergolong lama mayoritas mereka bekerja antara 17-22 tahun 2) Produktivitas kerja staf tata usaha tergolong tinggi dengan rentang nilai 55-62 3) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap produktivitas kerja staf tata usaha Nilai Thitung untuk pengaruh variabel tingkat pendidikan lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan produktivitas kerja staf tata usaha di UM 4) Pengaruh pengalaman pelatihan terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di lingkungan Universitas Negeri Malang. Nilai Thitung untuk variabel pengalaman pelatihan lebih besar dari pada Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman pelatihan dengan produktivitas kerja 5)Pengaruh masa kerja terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di lingkungan Universitas Negeri Malang. Nilai Thitung untuk variabel masa kerja lebih besar dari pada Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara masa kerja dan produktivitas kerja staf tata usaha di UM 6) Pengaruh tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja terhadap produkivitas kerja nilai Fhitung dari ketiga variabel bebas tersebut lebih besar dari pada Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja terhadap produktivitas kerja staf tata usaha di UM. Mencermati hasil penelitian ini maka ada beberapa hal yang disarankan yaitu bagi staf tata usaha staf tata usaha yang berpendidikan rendah hendaknya meningkatkan pendidikannya kondisi pengalaman pelatihan yang tergolong sangat banyak hendaknya ditingkatkan mengingat pelatihan merupakan salah satu wadah untuk menggali potensi diri meningkatkan kemampuan ketrampilan dan pengetahuan staf tata usaha dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kondisi produktivitas kerja yang tergolong tinggi hendaknya dipertahankan karena produktivitas kerja yang baik merupakan wujud keberhasilan suatu pembinaan staf tata usaha. Bagi Universitas Negeri Malang kemampuan staf tata usaha untuk mencapai target pekerjaanya dapat diketahui dari ketiga aspek yaitu tingkat pendidikan pengalaman pelatihan dan masa kerja karena itu ketika melakukan rekruitmen staf tata usaha baru hendaknya sesuai dengan bidang keahliannya. Lebih diutamakan lagi calon staf tata usaha mempunyai keahlian atau ketrampilan selain dari jenjang pendidikan formal. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini untuk memperkaya wawasan keilmuan dan sebagai informasi sekaligus sebagai salah satu rujukan terutama bagi mereka yang akan meneliti masalah tingkat pendidikan pengalaman pelatihan masa kerja dan produktivitas kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |