Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan di BEI tahun 2014 / Kharisma Yoga Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan di BEI tahun 2014 / Kharisma Yoga Pradana

Pradana, Kharisma Yoga (2016) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan di BEI tahun 2014 / Kharisma Yoga Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pradana Kharisma Yoga. 2015. Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2014. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M. (II) Hj. Fadia Zen S.E. M.M. Kata Kunci nilai perusahaan ukuran perusahaan pengungkapan corporate social responsibility Tujuan utama dari perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi nilai perusahaan adalah ukuran perusahaan dan pengungkapan CSR. Perusahaan-perusahaan manufaktur merupakan salah satu bagian industri dengan sorotan terbesar di indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan CSR. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif berdasarkan data sekunder. Jenis penelitian ini adalah penelititan asosiatif kausalitas. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2014 dengan jumlah 134 perusahaan. Diambil sampel sejumlah 107 perusahaan dengan teknik purposive sampling dan dilakukan outlier sehingga didapatkan 99 perusahaan yang diteliti.Variabel yang diteliti adalah Ukuran Perusahaan (X1) yang diukur dengan Log Total Assets Pengungkapan CSR (X2) yang diukur dengan CSDI dan Nilai Perusahaan (Y) yang diukur dengan Tobin s Q.Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Nilai perusahaan manufaktur pada tahun 2014 menurun dibandingkan tahun sebelumnya 2) Perusahaan besar memiliki sistem pengelolaan lebih baik daripada perusahaan kecil 3) Pengungkapan CSR pada tahun 2014 yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur rata-rata mengungkapkan hanya sebagian kecil kegiatan CSR 4) Ukuran Perusahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap nilai perusahaan 5) Ukuran Perusahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap pengungkapan CSR 6) Pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan 7) Pengungkapan CSR tidak memperkuat maupun memperlemah pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Saran yang didapatkan berdasarkan hasil dari penelitian adalah 1) Perusahaan diharapkan lebih memperhatikan pengelolaan aset perusahaan lebih mementingkan pengungkapan CSR yang lebih luas untuk kepentingan para investor. 2) Investor diharapkan untuk memperhatikan perusahaan kecil juga tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja investor juga diharapkan lebih kritis mengenai masalah CSR karena berhubungan langsung dengan para Stakeholder. 3) Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penambahan variabel dan memperpanjang periode penelitian. Selain itu penelitian yang berkaitan dengan CSR diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada para ahli yang berhubungan dengan bidang CSR lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31758

Actions (login required)

View Item View Item