Manajemen pembelajaran project work di Sekolah Menengah Kejuruan berbasis manajemen mutu berstandar internasional ISO 9001-2000: studi kasus di SMK Ngeri 4 Malang / Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran project work di Sekolah Menengah Kejuruan berbasis manajemen mutu berstandar internasional ISO 9001-2000: studi kasus di SMK Ngeri 4 Malang / Dwi Rahayu

Rahayu, Dwi (2009) Manajemen pembelajaran project work di Sekolah Menengah Kejuruan berbasis manajemen mutu berstandar internasional ISO 9001-2000: studi kasus di SMK Ngeri 4 Malang / Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin maju menuntut masyarakat bangsa dan negara untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan terutama melalui pendidikan formal yakni sekolah. Banyaknya remaja yang tidak dapat meneruskan pendidikan yang lebih tinggi dan daya serap ilmu pengetahuan yang rendah pada masyarakat serta masih banyaknya masyarakat yang berpendidikan rendah merupakan masalah nasional yang harus segera diatasi secara terpadu antara pemerintah masyarakat dan pihak sekolah dalam usaha mewujudkan tujuan nasional secara berkesinambungan. Atas dasar itulah Sekolah Menengah Kejuruan yang berorientasi pada link and match harus dapat mengembangkan isi pembelajaran yang ada. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan project work merupakan salah satu alat kendali mutu dalam uji kompetensi kejuruan untuk menghasilkan siswa berkompeten dan memiliki life skills sehingga memiliki kebermaknaan dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dengan fokus penelitian proses/manajemen pembelajaran project work khususnya jurusan Grafika di sekolah yang telah memiliki sistem manajemen mutu berstandar internasional dengan pembahasan mulai dari perencanaan pelaksanaan evaluasi pendekatan pembelajaran project work faktor pendukung faktor penghambat cara memberdayakan faktor pendukung hingga cara mengatasi hambatan yang ada dalam pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di mana prosedur pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam kepada informan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum proses pembelajaran project work sesuai dengan acuan dan prosedur operasional standar dari Depdiknas. Sedangkan segala pengadministrasiannya berdasar sistem manajemen mutu (SMM) yang diterapkan di sekolah ini. Perencanaan yang dibuat sekolah melalui pembuatan rencana program kegiatan mulai dari sosialisasi pembelajaran project work yang digunakan sebagai uji kompetensi kejuruan kepada siswa dan orang tua sampai pada pelaksanaan verifikasi dari internal maupun eksternal. Proses pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan pada siswa kelas XII semester VI setelah mereka selesai melakukan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Sedangkan pelaksanaan pembelajaran project work di SMKN 4 Malang dimulai dengan menentukan judul dan nama produk membuat proposal menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan melaksanakan proses produksi dan kegiatan kulminasi. Penilaian dilakukan dengan pendekatan external assement yang dapat dilaksanakan secara langsung selama proses pelaksanaan project work maupun melalui proses verifikasi terhadap rekaman/bukti belajar (evidence of learning) sesuai dengan kriteria kinerja yang diorganisasikan dalam bentuk portofolio. Selain itu juga dilakukan uji teori kejuruan yang dilaksanakan sebelum verifikasi pihak eksternal. Secara umum SMKN 4 Malang melaksanakan pendekatan pembelajaran project work dengan karakteristik sebagai berikut (1) pembelajaran sistem proyek produksi (2) pengendalian mutu pembelajaran menggunakan evidence of learning (3) hasil pembelajaran berwujud unjuk kerja dan produk (4) penilaian dilakukan secara internal assesment dan eksternal assesment dan (5) adanya sertifikat kompetensi untuk siswa. Dari kegiatan tersebut terdapat pembimbing (guru) yang mendampingi siswa selama proses pelaksanaan produksi. Dari proses tersebut dapat diketahui faktor penunjang pembelajaran ini berasal dari internal sekolah maupun pihak eksternal yang terkait. Sekolah menyediakan sarana prasarana yang cukup menujang anggaran dana khusus untuk membantu siswa meringankan biaya project work dan tenaga SDM guru yang cukup berkompeten. Selain itu dari pihak eksternal SMKN 4 Malang telah bekerjasama dengan Asosiasi Grafika sebagai lembaga yang memberikan sertifikat kompetensi dari hasil project work dan juga berperan sebagai penguji eksternal yang turut menentukan nilai uji kompetensi siswa. Sedangkan hambatan yang dialami adalah masih kurangnya tenaga guru produktif di jurusan Grafika dan jadwal yang dibuat pusat terlalu dekat dengan pelaksanaan UAN (Ujian Akhir Nasional). Hal terpenting lagi pembelajaran ini akan berjalan secara optimal jika proses pelaksanaan yang dilakukan siswa juga didampingi dengan pihak eksternal (industri). Hal tersebut membuat sekolah berusaha untuk selalu meningkatkan jumlah tenaga guru yang ada dan membuat kebijakan pengaturan jadwal seefektif dan seefisien mungkin agar kedua uji kemampuan siswa baik dari segi adaptif maupun produktif dapat terlaksana sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar SMKN 4 Malang meningkatkan kualitas pembelajaran yang berfokus pada kompetensi life skill sehingga mutu sekolah terus diraih seiring dengan penerapan SMM yang ada. Selain itu diharapkan sekolah berfungsi sebagai mediator dari produk yang dihasilkan siswa (dipasarkan maupun dipromosikan di masyarakat) agar dikenal oleh khalayak umum dan memiliki nilai kebermaknaan. Hal tersebut juga akan tercapai bilamana terdapat kerjasama yang baik dengan guru yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran ini. Selain itu untuk Dinas Pendidikan Nasional disarankan penilaian proses kerja siswa juga melibatkan pihak eksternal. Dari adanya pelibatan pihak eksternal dalam proses yang dibuat siswa kedua penguji (guru dan industri) secara bersama-sama mengetahui hasil kerja siswa mulai dari awal sampai pada produk. Selain itu Dinas Pendidikan Nasional diharapkan juga mengambil kebijakan dengan mengatur jadwal pelaksanaan seefisien mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item