Hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Malang / Siti Nur Isrotin Chasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Malang / Siti Nur Isrotin Chasanah

Chasanah, Siti Nur Isrotin (2009) Hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Malang / Siti Nur Isrotin Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru merupakan orang yang terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar. Sebagai tenaga kependidikan guru mempunyai posisi sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan terutama dalam menyiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan abad ke 21. Memahami betapa besar tugas peranan dan kompetensi guru dalam menentukan keberhasilan pendidikan maka profesi atau jabatan guru layak mendapat perhatian untuk diteliti dan diungkapkan keberadaannya. Salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian adalah masalah beban mengajar guru-guru di sekolah. Karena besar-kecilnya beban mengajar dimungkinkan dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas guru dan keberhasilan tugas-tugas pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tingkat beban mengajar guru SMAN di Kota Malang (2) seberapa tingkat pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang dan (3) apakah ada hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang . Penelitian ini mempunyai tujuan (1) mengetahui tingkat beban mengajar guru SMAN di Kota Malang (2) mengetahui tingkat pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang dan (3) mengetahui hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah Guru SMAN di Kota Malang yang berjumlah 690 (enam ratus sembilan puluh) orang guru. Jumlah sampelnya adalah 253 (dua ratus lima puluh tiga) orang guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling (sampel random proporsional). Sedangkan instrumen pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang dipilih adalah deskriptif persentase dan korelasi product moment. Analisis data dilakukan dengan bantuan komputer yaitu program SPSS (Statistical Product and Special Services) 13.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa r hitung yang diperoleh adalah 0 487(nol koma empat ratus delapan tujuh puluh) dengan taraf signifikansi 5% yang berarti r hitung lebih besar dari r tabel 0 138 (nol koma seratus tiga puluh delapan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang. Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah (1) tingkat beban mengajar guru SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi tinggi (2) tingkat tanggungjawab guru di dalam kelas SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi tinggi (3) tingkat tanggungjawab guru di luar kelas SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi tinggi (4) pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi sangat tinggi (5) pelaksanaan tugas profesional guru SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi sangat tinggi (6) pelaksanaan tugas sosial guru SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi tinggi (7) pelaksanaan tugas kepribadian guru SMAN di Kota Malang berada pada kualifikasi tinggi (8) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara beban mengajar dan pelaksanaan tugas guru SMAN di Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (1) kepala sekolah dapat memperhatikan pembagian jam mengajar/beban mengajar yang sesuai dengan kapasitas guru karena hal tersebut mempunyai hubungan yang signifikan dengan peningkatan pelaksanaan tugas guru (2) para guru disarankan dapat lebih meningkatkan kemampuan profesional sosial dan kepribadian dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah (3) peneliti lain apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis sebaiknya penelitian ini lebih dikembangkan dengan variabel populasi yang berbeda serta instrumen yang tidak hanya mengambil dari persepsi guru namun juga mencakup sudut pandang pimpinan teman sejawat dan murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item