Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kecantikan Wardah (studi pada konsumen Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) / Zahrotul Fairus - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kecantikan Wardah (studi pada konsumen Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) / Zahrotul Fairus

Fairus, Zahrotul (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kecantikan Wardah (studi pada konsumen Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) / Zahrotul Fairus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fairus Zahrotul. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah (Studi Pada Konsumen Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si. (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Perilaku Konsumen Faktor Budaya Faktor Sosial Faktor Pribadi Faktor Psikologis dan Keputusan Pembelian Indonesia menjadi lahan subur industri kosmetik karena memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dengan hampir separuhnya adalah wanita sehingga peluang bisnis di segmen wanita sangat besar. Sehingga memunculkan persaingan antar perusahaan baik lokal maupun asing ditambah lagi munculnya produk-produk ilegal. Untuk itu perusahaan haruslah melakukan sebuah inovasi. Perusahaan harus mampu mengenal menciptakan dan mempertahankan pelanggan dengan cara mengkaji studi perilaku konsumen termasuk didalamnya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Sebagai produk lokal Wardah mampu membuat inovasi dengan memasuki segmen kosmetik halal alami dan aman yang berhasil mengantarkannya memperoleh omset 75 persen pertahun. Peneliti ingin mengetahui bagaimana faktor budaya sosial pribadi dan psikologis dalam keputusan pembelian produk Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor budaya sosial pribadi dan psikologis konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk Wardah.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square. Sampel dalam penelitian ini adalah 103 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Systematic Sampling yakni pembeli yang diberi nomor urut kelipatan angka 2. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis faktor konfirmatori. Hasil analisis menggunakan SPSS Versi 16 menunjukkan bahwa faktor budaya sosial pribadi dan psikologis masing-masing membentuk satu komponen yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk Wardah di Matahari Department Store Malang Town Square. Faktor yang memiliki loading paling besar adalah faktor pribadi sebab keadaan atau kondisi pribadi konsumen sendirilah yang pada akhirnya menentukan keputusan pembelian produk Wardah. Sebaiknya perusahaan memperhatikan dan memahami lebih dalam mengenai kebudayaan konsumen untuk mengetahui dasar-dasar penentu keputusan pembelian terutama kebiasaan atau tradisi suatu negara. Perusahaan dapat memasuki sebuah perkumpulan ibu-ibu PKK atau ibu-ibu pengajian dalam rangka sosialisasi atau kelas kecantikan produk Wardah sebagai strategi pemasaran dalam rangka perluasan disegi faktor sosial. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31737

Actions (login required)

View Item View Item