Pengaruh personal selling, advertising dan public relation terhadap minat pembelian sepeda motor Yamaha (studi pada dealer Yamaha Indo Perkasa Jombang) / Rony Eka Febriawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh personal selling, advertising dan public relation terhadap minat pembelian sepeda motor Yamaha (studi pada dealer Yamaha Indo Perkasa Jombang) / Rony Eka Febriawan

Febriawan, Rony Eka (2015) Pengaruh personal selling, advertising dan public relation terhadap minat pembelian sepeda motor Yamaha (studi pada dealer Yamaha Indo Perkasa Jombang) / Rony Eka Febriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriawan R.E. 2015. Pengaruh Personal Selling Advertising dan Public Relation Terhadap Minat Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Dealer Yamaha Indo Perkasa Jombang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. (2) Handri Dian Wahyudi S.E. M.Sc. Kata Kunci Personal Selling Advertising Public Relation Minat Beli Perkembangan bisnis otomotif di Indonesia yang pesat menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan sejenis. Pemasar pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan promosi agar dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Dealer Indo Perkasa Jombang merupakan salah satu perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan sepeda motor Yamaha beserta sparepart dan pelayanan servis. Dealer Indo Perkasa Jombang harus mampu berkompetisi dengan usaha lain yang sejenis untuk menumbuh kembangkan usahanya melalui kegiatan promosi personal selling advertising dan juga public relation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling (X1) advertising (X2) dan public relation (X3) terhadap minat pembelian sepeda motor Yamaha. Populasi penelitian ini adalah konsumen bulan Februari pada dealer Indo Perkasa Jombang. Teknik sampling menggunakan teknik simple random sampling dan penentuan jumlah sampel memakai rumus Slovin sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 responden. Sedangkan teknis analisis data menggunakan teknis analisis regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian (2) Advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian (3) Public relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Berdasarkan kesimpulan penelitian peneliti menyarankan (1) Dealer Indo Perkasa Jombang sebaiknya memperhatikan pengetahuan yang dimiliki wiraniaga tentang sistem pembayaran yang ada pada dealer sehingga dapat memudahkan wiraniaga itu sendiri dalam proses presentasi produk kepada calon konsumen (2) Kegiatan advertising yang ada setidaknya diupayakan lebih baik lagi agar iklan yang ada mampu tertanam dalam benak calon konsumen bahwa jika ingin mendapatkan produk Yamaha calon konsumen tersebut dapat mengunjungi dealer Indo Perkasa. Hal ini sangat diperlukan karena banyaknya competitor yang ada tentunya agar mampu bersaing dengan dealer resmi Yamaha lain yang ada di kota Jombang. (3) Ketika mendapat keluhan dari konsumen pihak dealer diharapkan memberikan respon dengan baik karena hal ini memiliki pengaruh dalam pembentukan citra perusahaan di mata masyarakat. Tentu saja untuk kelancaran kegiatan promosi berupa public relation (4) Untuk menumbuhkan minat beli dalam diri konsumen pihak dealer hendaknya bisa memberikan rangsangan (stimulus) yang efektif ketika melakukan kegiatan promosi kepada calon konsumen agar dapat menciptakan ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31734

Actions (login required)

View Item View Item