Pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth promotion melalui kepuasan konsumen (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan smartphone Samsung) / Muhammad Indra Fahrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth promotion melalui kepuasan konsumen (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan smartphone Samsung) / Muhammad Indra Fahrudin

Fahrudin, Muhammad Indra (2015) Pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth promotion melalui kepuasan konsumen (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan smartphone Samsung) / Muhammad Indra Fahrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrudin. M.I. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Word Of Mouth Promotion melalui Kepuasan Konsumen (studi pada mahasiswa S1 manajemen fakultas ekonomi universitas negeri malang yang menggunakan Smartphone Samsung). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan Grad Dip MGT. M.Si. M.Bus. (II) Handri Dian Wahyudi SPd. M.Sc. Kata Kunci Kualitas Produk Kepuasan Konsumen Word Of Mouth (WOM). Kualitas produk adalah persepsi konsumen tentang kemapuan yang dimiliki sebuah produk yang berhubungan dengan kegunaan daya tahan keindahan desain dan kelebihan lainnya yang dimiliki produk tersebut guna menunjang fungsi produk. Kepuasan konsumen adalah tanggapan positif konsumen setelah puas menggunakan produk tertentu. Sedang WOM adalah informasi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh konsumen yang merupakan imbas dari rasa puas yang dirasakan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) kondisi kualitas produk kepuasan konsumen WOM yang terdapat pada perusahaan Samsung (II) pengaruh kualitas produk terhadap WOM melalui kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 211 mahasisawa angkatan 2013-2014 pengguna smartphone Samsung. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat telah menggunakan smartphone Samsung lebih dari enam bulan dan diperoleh 111 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen juga berpengaruh signifikan positif terhadap terciptanya WOM positif. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya kualitas produk bisa berpengaru terhadap WOM positif melalui kepuasan konsumen. Selain hal itu peniliti juga mendapati bahwa responden merasa ragu akan kualitas smartphone Samsung dikarenakan kurang mengetahui kegunaan total dari produk tersebut. Meski begitu namun para responden mengaku puas dan melakukan WOM positif dalam bentuk merekomendasikan produk tersebut kepada teman atau keluarga mereka. Menurut penulis samsung harus menciptakan the message sender untuk menginformasikan kualitas produk atau kemampuan total dari produk Samsung supaya para konsumen bisa mengetahui kegunaan dan cara menggunakan fungsi total dari produk tersebut. Adapun tugas mereka adalah mempraktekan atau memberi tahu langsung pada lingkungan sosial mereka mengenai seluruh potensi dari produk tersebut terutama potensi yang jarang di praktekan oleh konsumen pada umumnya contoh menggunakan smartphone Samsung untuk menggantikan remot TV. Selain itu menurut peneliti Samsung harus mencoba untuk mengembangkan rangsangan WOM yang terjadi pada lingkungan sosial dengan cara memancing Original WOM dengan menggunkan Amplified WOM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31724

Actions (login required)

View Item View Item