Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas pelanggan (studi pada konsumen PT. Tiara Megah Indah Jaya - Honda Malang) / Robi Ulan Desi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas pelanggan (studi pada konsumen PT. Tiara Megah Indah Jaya - Honda Malang) / Robi Ulan Desi

Desi, Robi Ulan (2015) Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas pelanggan (studi pada konsumen PT. Tiara Megah Indah Jaya - Honda Malang) / Robi Ulan Desi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desi R.U. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen PT. Tiara Megah Indah Jaya Honda Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (2) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci citra merek loyalitas pelanggan Pada era Globalisasi masyarakat membutuhkan alat transportasi untuk mendukung mobilitasnya di sisi lain tingginya tingkat kemacetan menjadi pendorong masyarakat menggunakan motor matik. kemudahan kelincahan dan kenyamanan menjadi faktor yang memicu minat konsumen terhadap motor matik. Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat mengakibatkan bertambahnya jenis dan merek motor matik. Perusahaan memerlukan manajemen merek yang kuat sebagai strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan sehingga dapat mewujudkan loyalitas pelanggan. Salah satu manajemen merek yang dapat digunakan adalah dengan menciptakan citra merek yang kuat di benak konsumen sehingga dapat mempengaruhi konsumen. Citra merek terdiri dari keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek motor matik merek Honda dan loyalitas pelanggan (2) Pengaruh citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keunggulan asosiasi merek (X1) kekuatan asosiasi merek (X2) dan keunikan asosiasi merek (X3) sedangkan variabel dependennya loyalitas pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Tiara Megah Indah Jaya Honda Malang yang membeli motor matik pada tahun 2015 sebanyak 343 konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebesar 190 konsumen yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Skala pengukuran adalah skala Likert dengan 5 opsi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang didapat dari pihak dealer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik yang terdiri dari (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regressions Standardized Residual (2) Uji Multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai Tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu uji F secara simultan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Keunggulan asosiasi merek motor matik merek Honda dapat diklasifikasikan baik (2) Kekuatan asosiasi merek motor matik merek Honda dapat diklasifikasikan baik (3) Keunikan asosiasi merek motor matik merek Honda dapat diklasifikasikan baik (4) Loyalitas pelanggan dapat diklasifikasikan cukup loyal. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regressions Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. (3) Model regresi tidak terjadi masalah heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot tidak membentuk pola dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari Adjusted R square sebesar 0 411 maka 41 1% perubahan variabel loyalitas dipengaruhi oleh citra merek (brand image) yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek. Sedangkan sisanya 58 9% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diuangkap dalam penelitian ini seperti nilai produk dan kualitas layanan. Kesimpulan (1) keunggulan asosiasi merek dianggap mampu memuaskan konsumen yaitu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen kekuatan asosiasi merek dianggap mampu menumbuhkan kesan dan pengalaman positif di benak konsumen keunikan asosiasi merek dianggap dapat dijadikan alasan kuat bagi konsumen kuat untuk membeli suatu produk dan loyalitas pelanggan dapat ditunjukkan dengan perilaku responden yaitu adanya niat melakukan pembelian berulang memberikan informasi kepada orang lain mereferensikan kepada orang lain dan kebal terhadap merek lain (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek terhadap loyalitas pelanggan secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak dealer agar mampu menurunkan harga memperhatikan kembali slogan dan logo keiritan dan ketangguhan motor matik merek Honda lebih ditingkatkan dan melakukan strategi penjualan khusus (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih berinovasi dalam melakukan penelitian dengan variabel-variabel lain seperti nilai produk dan kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item