Faktor-faktor motivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di sekolah dasar negeri Tompokersan III sebagai proyek rintisan Sekolah Unggulan Kabupaten Lumajang / Ima Tri Hestingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor motivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di sekolah dasar negeri Tompokersan III sebagai proyek rintisan Sekolah Unggulan Kabupaten Lumajang / Ima Tri Hestingtyas

Hestiningtyas, Ima Tri (2009) Faktor-faktor motivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di sekolah dasar negeri Tompokersan III sebagai proyek rintisan Sekolah Unggulan Kabupaten Lumajang / Ima Tri Hestingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) didirikan di Kabupaten Lumajang dengan tujuan dapat menarik minat masyarakat khususnya bagi para orangtua yang memiliki putra-putri yang masih sekolah. Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang berkualitas untuk anaknya sehingga dengan adanya SUT akan banyak orangtua yang berlomba menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut terutama di SDN Tompokersan III Lumajang yang termasuk salah satu bagian dari SUT. Hal ini disebabkan untuk memasuki SDN tersebut memerlukan persaingan yang cukup ketat karena Pemerintah Kabupaten Lumajang berencana semua lulusan dari SDN tersebut secara otomatis dapat langsung melanjutkan sekolah di SMPN1 Lumajang kemudian tinggal memilih untuk melanjutkan ke SMAN 2 Lumajang atau SMKN 1 Lumajang yang semuanya merupakan bagian dari SUT Kabupaten Lumajang. Dari keinginan orangtua yang besar ini tentu mereka memiliki motivasi sebagai alasan mereka menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III yang termasuk sekolah unggulan di Kabupaten Lumajang. Masalah yang akan diteliti meliputi (1) Apa saja yang menjadi faktor motivasional orangtua/wali murid untuk menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III Kabupaten Lumajang dan (2) Apa yang menjadi faktor dominan yang memotivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III Kabupaten Lumajang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III Kabupaten Lumajang dan (2) Menemukan faktor dominan yang memotivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III Kabupaten Lumajang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua/wali murid kelas 1 2 dan 3 SDN Tompokersan III Lumajang yang berjumlah 215 orang. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan formula Slovin sehingga diperoleh sampel yang sesungguhnya yaitu sejumlah 154 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis yang digunakan yaitu yang pertama analisis faktor eksploratori dan yang kedua yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian yang merupakan temuan eksploratif atas motivasi orangtua/wali murid menyekolahkan anaknya di SDN Tompokersan III Lumajang menghasilkan tujuh faktor baru yaitu (1) faktor kebutuhan belajar yaitu segala sesuatu yang sangat perlu untuk digunakan dalam proses belajar (2) faktor prestasi yaitu hasil belajar anak di SDN Tompokersan III Lumajang ini tergolong memuaskan ini dapat dilihat dari rapor siswa kelas 3 selama berada di kelas 1 dan 2 (3) faktor sosialisasi yaitu proses belajar anak untuk mengenal dan menghayati kebudayaan orang yang ada di lingkungannya baik itu teman sebaya maupun masyarakat sekitar (4) faktor biaya yaitu pertimbangan biaya yang dikeluarkan orangtua/wali murid apakah sudah sepadan dengan yang diberikan oleh sekolah (5) faktor pelayanan efektif yaitu pelayanan sekolah terhadap orangtua/wali murid dan anak dilakukan secara efektif atau berhasil guna dan memuaskan (6) faktor komunikasi yaitu orangtua/wali murid merasa mudah berkomunikasi dengan semua orang dan (7) faktor harapan yaitu orangtua/wali murid berharap keinginan yang sudah ada dapat terwujud dalam kenyataan. Faktor dominan dalam penelitian ini yaitu faktor 1 (faktor kebutuhan belajar). Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan kepada (1) SUT Kabupaten Lumajang khususnya SDN Tompokersan III Lumajang mengingat semakin ketatnya persaingan antar sekolah maka SDN Tompokersan III Lumajang hendaknya lebih meningkatkan kualitas sekolah dan tidak hanya meyakinkan masyarakat bahwa sekolah ini unggul tapi juga bisa membuktikan bahwa sekolah ini benar-benar menjadi bagian dari proyek rintisan berkualitas. Apalagi dengan status sekolah unggulan di Kabupaten Lumajang hendaknya bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk meningkat menjadi lebih baik (2) Orang tua/wali murid yang menyekolahkan anak di SDN Tompokersan III Lumajang hendaknya selalu memberi dukungan kepada anak untuk tetap mempunyai motivasi dan semangat belajar yang tinggi karena persaingan sekolah semakin ketat. Pilihan untuk menyekolahkan anak ke SDN Tompokersan III Lumajang sudah merupakan pilihan yang tepat untuk itu dalam memilih sekolah selanjutnya hendaknya mempertimbangkan kualitas sekolah dengan memperhatikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki sekolah semuanya demi masa depan anak (3) Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya melakukan kajian ulang terhadap penelitian ini sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan dan (4) Peneliti Lain hendaknya mengkaji ulang hasil penelitian ini dengan cara menguji kebenaran hasil penelitian. Lebih lanjut mengadakan penelitian lain dengan menggunakan variabel responden teknik penelitian yang berbeda dan ruang lingkup yang berbeda pula. Sehingga diharapkan dapat memperkaya referensi di Bidang Administrasi atau Manajemen Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item