Pengembangan education card dilengkapi augmented reality pada pembelajaran geografi materi karakteristik bencana alam / Annisa Nadia Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan education card dilengkapi augmented reality pada pembelajaran geografi materi karakteristik bencana alam / Annisa Nadia Rahma

Rahma, Annisa Nadia Rahma (2024) Pengembangan education card dilengkapi augmented reality pada pembelajaran geografi materi karakteristik bencana alam / Annisa Nadia Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah pondasi vital baik bagi individu maupun golongan. Pendidikan pada abad ke-21 ini sudah berkembang dengan memanfaatkan teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar memberikan dampak yang berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Dilansir dari permasalahan yang telah diulas maka peneliti tertarik untuk menyempurnakan suatu media pembelajaran yang memenuhi tuntutan peserta didik sejalan dengan evolusi teknologi zaman sekarang yakni media pembelajaran Education card yang dilengkapi dengan augmented reality. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memacu semangat dan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran geografi. Model pengembangan yang dipakai yakni model ADDIE. Penelitian pengembangan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan pada pengembangan peneliti mengaplikasikan wawancara angket dan dokumentasi dengan menerapkan teknik presentasi. Peneliti menguji cobakan media pembelajaran di SMA Maarif Lawang pada peserta didik kelas XI IPS 1. Berdasarkan ketentuan para ahli validator materi validator media dan desain respon peserta didik dan pendidik peneliti mampu memetik kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran education card yang dilengkapi augmented reality tergolong dalam kriteria sangat layak dioperasikan dengan hasil presentase keseluruhan yaitu oleh ahli materi yaitu sebesar 75 % ahli media serta desain sebesar 95 % peserta didik sebesar 88 6% dan dari pendidik sebesar 80 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317180

Actions (login required)

View Item View Item