Auliya, Elvi Sania Putri (2024) Pengaruh model react (relating, experiencing, applying, cooperating, transferring) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa: kajian tenaga endogen dan eksogen / Elvi Sania Putri Auliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model REACT berbantuan alat peraga memberikan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif. Model REACT dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa seperti mengidentifikasi masalah menyampaikan opini menyimpulkan hingga melaksanakan. Adanya pengaruh model REACT berbantuan alat peraga pada kemampuan berpikir kritis siswa khususnya kajian tenaga endogen dan eksogen menjadi tujuan penelitian. Rancangan penelitian berupa quasi eksperimen design dengan posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan subjek siswa kelas X SMAS Diponegoro. Teknik pengumpulan data berupa soal tes tertulis. Hasil analisis penelitian menunjukkan uji Independent Sample t-Test sebesar .001 lt 0.05. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model REACT berbantuan alat peraga memiliki pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi secara signifikan pada siswa akibat penerapan model tersebut. Penelitian ini membuktikan bahwa model RECAT berbantuan alat peraga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menjadi keberhasilan pembelajaraan abad 21.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317179 |
Actions (login required)
View Item |