Pengaruh kinerja pemasaran kerelasian terhadap loyalitas nasabah (studi pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang) / Rizky Fajrillia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja pemasaran kerelasian terhadap loyalitas nasabah (studi pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang) / Rizky Fajrillia

Fajrilla, Rizky (2015) Pengaruh kinerja pemasaran kerelasian terhadap loyalitas nasabah (studi pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang) / Rizky Fajrillia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajrillia Rizky. 2015. Pengaruh Kinerja Pemasaran Kerelasian terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si (II) Dr. Titis Shinta Dhewi SP. MM. Kata Kunci relationship marketing understanding costumer expectation building service partnership empowering employees dan conflict handling loyalitas nasabah PT Asuransi Jiwasraya. Persaingan yang semakin ketat antara perusahaan penyedia produk dan jasa belakangan ini tidak hanya disebabkan globalisasi tetapi juga disebabkan oleh nasabah kesadaran tentang pentingnya proteksi diri. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk membentuk loyalitas nasabah pada nasabahnya salah satunya dengan membina dan menjalin hubungan baik dengan nasabahnya. Sehingga perusahaan dapat memahami dan mengenali kebutuhan dan keinginan nasabahnya. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui startegi pemasaran yang di sebut kinerja pemasaran kerelasian (relationship marketing). Kinerja pemasaran kerelasian (relationship marketing) merupakan cara pemasar kepada pelanggan untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dari perusahaan dan kepuasan maksimal nasabah jiwasraya yang pada akhirnya akan terbangun sebuah jaringan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui (1) Deskripsi keadaan kinerja pemasaran kerelasian dan loyalitas nasabah pada PT Asurasi Jiwasraya Cabang Kota Malang (2) Besar pengaruh kinerja pemasaran kerelasian terhadap loyalitas nasabah secara parsial pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang (3) Besar pengaruh kinerja pemasaran kerelasian terhadap loyalitas nasabah secara simultan pada PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malanag yang telah menjadi nasabah lebih dai satu tahun yang berjumlah 540 nasabah penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan persen kelonggaran ketidak telitian 10% sehingga memeperoleh sampel sebesar 84 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh beberapa kesimpulan yaitu (1) Kinerja pemasaran kerelasian yang terdiri dari Understanding Custumer Expectation Building Service Partnership Empowering Employees dan Conflict Handling membuat nasabah untuk tetap loyal menjadi nasabah PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah secara parsial (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah secara simultan Berdasarkan hasil penelitian PT Asuransi Jiwasraya Cabang Kota Malang sebaiknya dapat mempertimbangkan faktor lain di luar kinerja pemasaran i kerelasian seperti bauran pemasaran (marketing mix) sebagai suatu usaha untuk memperoleh nasabah baru maupun mempertahankan nasabah lama agar tetap loyal. Tetap memberikan pelayanan yang baik memuaskan serta terpecaya dapat menjadi salah satu kekuatan untuk tetap mempertahankan nasabah di tengah banyaknya pesaing yang bermunculan di bidang asuransi. Untuk peneliti selanjutnya melanjutkan penelitian ini dengan mencari faktor-faktor selain kinerja pemasaran kerelasian seperti bauran pemasaran (marketing mix) karena di dalamnya terdapat elemen-elemen yang dapat mendukung meningkatnya loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31717

Actions (login required)

View Item View Item