Peningkatan kemampuan berpikir kritis geografi: model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning di man 1 malang / Gina Putri Adilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir kritis geografi: model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning di man 1 malang / Gina Putri Adilah

Adilah, Gina Putri (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kritis geografi: model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning di man 1 malang / Gina Putri Adilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah mempunyai banyak kelebihan ialah dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa seperti memecahkan masalah mengungkapkan pendapat mendeteksi masalah berdasarkan sudut pandang dan sebagainya. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk siswa agar kedepannya bisa menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sekitarnya. Implementasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning diperlukan karena dapat mempermudah guru dan siswa dalam mengkomunikasikan pelaksanaan proyek dan juga merangsang kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yakni dapat memahami dampak dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Subjek penelitian menggunakan siswa XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data melakukan pretest ndash posttest control group design. Analisis data menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan independent sample t ndash test. Hasil pengujian uji normalitas dan uji homogenitas yakni normal dan homogen. Sedangkan hasil pengujian independent sample t ndash test sebesar 0 038 artinya kurang dari 0 05 maka h0 ditolak dan h1 diterima. Hasil analisis dapat dikatakan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu oleh microlearning berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning efektif digunakan karena pada pembelajaran siswa dibimbing dalam memenuhi kebutuhan belajarnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 01:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317167

Actions (login required)

View Item View Item