Integrasi kwl(know-want-learn) dalam group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis pada daur ulang sampah organik sebagai eco-enzym / Sofia Muawalina Nurfaeda - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi kwl(know-want-learn) dalam group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis pada daur ulang sampah organik sebagai eco-enzym / Sofia Muawalina Nurfaeda

Nurfaeda, Sofia Muawalina Nurfaeda (2024) Integrasi kwl(know-want-learn) dalam group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis pada daur ulang sampah organik sebagai eco-enzym / Sofia Muawalina Nurfaeda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Group Investigation menjadi alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang menekan siswa agar mampu berpikir kritis sesuai pembelajaran abad ke-21. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model Group Investigation dengan KWL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi dengan materi pokok pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang fokus pada daur ulang sampah organik sebagai bahan alternatif. Kajian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain pretest posttest control group dan instrumen tes esai yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji yang digunakan atas analisis data yaitu Independent Sample t Test dengan bantuan Windows SPSS 22. Populasi ini yaitu kelas XI SMA Nasional Malang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari peserta didik kelas XI IPS 1 yang menjadi kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Sampel dikumpulkan dengan teknik simple random sampling menggunakan roda picker. Hasil dari telaah yang dilakukan menyatakan bahwa terdapat pengaruh dari model Group Investigation dengan KWL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan oleh perhitungan uji t dengan nilai 0 000 lt 0 05 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih unggul yaitu 86 0 dibandingkan kelas kontrol yaitu 69 2. Maka disimpulkan bahwa model Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang berinteraksi dengan KWL . Berdasarkan penelitian yang dilakukan ini siswa menjadi antusias dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menyarankan penggunaan model Group Investigation dengan strategi pembelajaran KWL yang dapat diakses secara digital menggunakan notion atau aplikasi serupa dan perlu memperhatikan pengintegrasian antara tabel KWL dengan model yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317155

Actions (login required)

View Item View Item