Peningkatan hasil belajar kognitif: implementasi model pembelajaran nht materi atmosfer berbantuan bahan ajar di sma maarif lawang / Alfian Nur Muzaki - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar kognitif: implementasi model pembelajaran nht materi atmosfer berbantuan bahan ajar di sma maarif lawang / Alfian Nur Muzaki

Muzaki, Alfian Nur Muzaki (2023) Peningkatan hasil belajar kognitif: implementasi model pembelajaran nht materi atmosfer berbantuan bahan ajar di sma maarif lawang / Alfian Nur Muzaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa komponen yaitu metode pembelajaran lingkungan belajar dan interaksi sosial. Permasalahan yang dijumpai ketika melakukan observasi yaitu siswa kurang aktif pada saat pelajaran berlangsung kurang antusias saat mengikuti pelajaran dan tidak memperhatikan guru ketika menerangkan. Hal tersebut disebabkan oleh metode belajar dari guru yang monoton dan kurang variatif. Hanya beberapa siswa yang aktif dalam belajarnya sehingga dapat berdampak terhadap hasil belajar kognitif mereka. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran NHT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi atmosfer dibantu bahan ajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan tipe partisipan. Tahapan penelitian tindakan kelas yang dilakukan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian didapatkan nilai hasil belajar individu pada pra siklus 66 45 dengan klasifikasi cukup baik. Nilai rata-rata siklus 1 71 50 dengan klasifikasi cukup baik. Nilai rata-rata siklus 2 79 79 dengan klasifikasi baik. Model pembelajaran NHT berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif individu siswa. Kemudian hasil belajar dengan aktivitas kelompok menggunakan model pembelajaran NHT juga mengalami peningkatan sebanyak 3 33 poin dengan presentase peningkatan 3 70%-16 66% pada siklus 2. Dengan demikian model pembelajaran NHT berhasil dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA di SMA Maarif Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317116

Actions (login required)

View Item View Item