Pengembangan media pembelajaran pop-up book geografi materi tektonisme model buku essentials of geology / Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pop-up book geografi materi tektonisme model buku essentials of geology / Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani

Rachmadhani, Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani (2023) Pengembangan media pembelajaran pop-up book geografi materi tektonisme model buku essentials of geology / Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan kurikulum yang terjadi membuat guru harus memiliki keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum serta mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah pop-up book geografi materi tektonisme dengan model buku Essentials of Geology. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book geografi yang praktis efektif dan valid serta berguna dalam memotivasi siswa dalam mempelajari materi tektonisme. Produk dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup a) analysis b) design c) development d) implementation dan e) evaluation. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan materi menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book geografi materi tektonisme model buku essentials of geology perlu untuk dikembangkan. Hasil validasi ahli materi dan media menyatakan bahwa media sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan total rerata nilai sebesar 91 75% dan 90%. Sedangkan rata-rata total validasi yang diperoleh melalui angket respon guru terhadap media yaitu sebesar 92 5%. Dengan hasil itu maka dapat disimpulkan bahwa kevalidan media ini berada pada kategori valid dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan tanpa revisi. Setelah uji coba dilakukan diperoleh hasil uji kepraktisan media sebesar 85 5% dan hasil uji keefektifan media sebesar 86 25% Dengan hasil itu maka dapat disimpulkan bahwa media ada pada kategori praktis dan efektif. Efektif yang dimaksud adalah efektif dalam memotivasi belajar siswa dalam mempelajari fenomena geosfer materi dinamika litosfer khususnya sub materi tektonisme dan media dapat digunakan tanpa perlu melakukan revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317107

Actions (login required)

View Item View Item