Sulistianingsih, Alvi Sulistianingsih (2023) Model problem based learning (pbl): pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari efikasi diri siswa pada mata pelajaran geografi / ALVI SULISTIANINGSIH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari efikasi diri siswa pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan post-test only control group design. Penelitian ini berlokasi di MAN 2 Kota Malang dengan subjek penelitian kelas XI sedangkan kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 sebagai sampel yang ditentukan berdasarkan kemampuan awal yang setara. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan angket efikasi diri. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik Two Way Anova berbantuan SPSS 22 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0 043 dan mean kemampuan berpikir kritis pada kelas PBL yaitu 81 28 lebih tinggi daripada kelas konvensional yaitu 78 19 serta adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari efikasi diri yang dibuktikan dengan nilai signifikansi dari Two Way Anova sebesar 0 000. Hasil uji menunjukkan signifikasi karena perbedaan model pembelajaran yang diterima oleh kedua kelas. Temuan penelitian yaitu penerapan model PBL pada siswa yang berefikasi diri tinggi dan sedang sama-sama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317097 |
Actions (login required)
View Item |