Lubna (2023) Pengaruh geographical inquiry-project based learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan keterampilan geografi siswa kajian banjir di kota malang / Lubna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tingkat kerawanan banjir di Kota Malang berkategori tinggi yang mengharuskan masyarakat untuk mampu memahami penyebab dari banjir. Melalui Geographical Inquiry-Project Based Learning yang merupakan inovasi baru dalam pembelajaran Geografi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial dan keterampilan Geografi siswa dalam menganlisis banjir di Kota Malang. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dan desain berupa non equivalent control group dengan penilaian tes berupa pre-test dan post-test. Subjek penelitian merupakan siswa SMA 8 Kota Malang kelas XI Social Humaniora dengan total siswa kelas eksperimen dan kontrol sebanyak 68 participants. Pengukuran dilakukan dengan uji statistik mann-whitney dan independent sample tes menggunakan perangkat lunak SPSS for windows 26. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial kemampuan berpikir spasial dan keterampilan Geografi akibat perlakuan Geographical Inquiry-Project Based Learning (GI-PjBL). Perlakuan GI-PJBL di kelas eksperimen dengan menekankan siswa untuk mampu merumuskan permasalahan mencari secara mandiri data yang dibutuhkan di lokasi kajian serta menemukan dan menganalisis hasil rumusan masalah yang dicari. Siswa terlatih untuk mampu berpikir secara spasial dan perspektif Geografi selama proses pembelajaran. Siswa merasa antusias dan tertantang selama proses pengerjaan proyek analisis banjir di Kota Malang sehingga pembelajaran GI-PjBL di kelas eksperimen memberikan hasil yang signifikan berdasarkan hasil post-test dan proyek analisis banjir di Kota Malang. Tak hanya itu hasil uji statistik menunjukkan hasil yang signifikan berdasarkan pengaruh GI-PJBL secara parsial terhadap kemampuan berpikir spasial dan keterampilan Geografi siswa. Berdasarkan uji mann-whitney dan t independent didapatkan hasil sig. 0.003 dan 0 000. Kedua hasil uji tersebut menunjukkan lt 0.05 (dasar pengambilan keputusan). Hal ini membuktikan ada perbedaan kelas eksperimen dan kontrol dari pengaruh GI-PjBL di kelas eksperimen dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial dan keterampilan Geografi dalam kajian banjir di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan GI-PJBL dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan direct Learning. Siswa yang diberikan perlakuan GI-PjBL menjukkan hasil yang lebih meningkat dalam hal kemampuan berpikir spasial dan keterampilan Geografi. Hal tersebut juga didukung dengan hasil angket yang rata-rata siswa mengatakan bahwa GI-PjBL dapat meningkatkan antusias dan rasa ingin tahu lebih dalam tentang Geografi dan permasalahan di lingkungan sekitar siswa. Meskipun demikian penelitian ini memerlukan waktu yang cukup lama dan persiapan instrumen serta panduan di lapangan yang rinci.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317095 |
Actions (login required)
View Item |