Analisis perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model self organized learning environment (sole) berbantuan media bot telegram / Putra Ardi Hening Wahyu Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model self organized learning environment (sole) berbantuan media bot telegram / Putra Ardi Hening Wahyu Pratama

Pratama, Putra Ardi Hening Wahyu Pratama (2023) Analisis perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model self organized learning environment (sole) berbantuan media bot telegram / Putra Ardi Hening Wahyu Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur kesuksesan suatu pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) bertujuan membentuk kompetensi yang harus dimiliki siswa seperti kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kreatif kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan dalam penerapan model pebelajaran SOLE berbantuan media Bot Telegram dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lamongan dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 008 dan dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan dalam penerapan model pembelajaran SOLE berbantuan media Bot Telegram dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317087

Actions (login required)

View Item View Item