Pengembangan buku ajar digital geografi dilengkapi pendekatan spasial dan ekologi / Ardiyanti Venia Muji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar digital geografi dilengkapi pendekatan spasial dan ekologi / Ardiyanti Venia Muji Lestari

Lestari, Ardiyanti Venia Muji (2023) Pengembangan buku ajar digital geografi dilengkapi pendekatan spasial dan ekologi / Ardiyanti Venia Muji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku ajar seringkali dianggap menjadi komponen penting untuk membantu kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan buku ajar memiliki afirmasi yang positif terhadap peningkatan literasi dan prestasi peserta didik. Namun beberapa buku ajar khususnya buku ajar digital banyak ditemukan kelemahan sehingga perlu disempurnakan. Kelemahan tersebut didapati pada aspek materi aspek bahasa dan kegrafikan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan buku ajar digital kurang menunjukkan kebaruan terhadap kurikulum dan integrasi terhadap pendekatan geografi yakni pendekatan spasial san ekologi. Sehingga diperlukan pendekatan spasial dan ekologi pada buku ajar untuk membiasakan siswa berfikir mengkaji dan menganalisis fenomena geografi. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan pengembangan dengan pendekatan spasial oleh Ayu Ervina dengan platform flipbook. Akan tetapi buku ajar tersebut hanya menerapkan satu pendekatan dan memiliki keterbatasan materi dan fitur buku ajar digital. Berdasarkan permasalahan diatas maka perlu dikembangkan buku ajar digital geografi dengan platform flipbook dengan pendekatan spasial dan ekologi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang meliputi define (tahap pendefinisian) design (tahap perancangan) develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran).akan tetapi karena keterbatasan penelitian peneliti mengembangkan hanya pada 3 tahap. Terdapat dua jenis data yang peneliti kumpulkan pada penelitian ini yakni data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yakni Siswa dan Guru. Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 30 siswa dan 2 guru. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi media oleh validator ahli media didapatkan nilai persentase sebesar 85 75% dengan kategori sangat layak/Sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi materi oleh validator ahli materi didapatkan nilai persentase sebesar 88 8% dengan kategori sangat layak/sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh peserta didik sebanyak 30 peserta didik didapatkan nilai persentase sebesar 91.6% dengan kategori sangat layak. Sehingga buku ajar digital geografi sangat layak dan perlu diuji tahap lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 06:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317086

Actions (login required)

View Item View Item