Pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas KSU di Kota Malang periode 2012 / Hendrawan Prawidhi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas KSU di Kota Malang periode 2012 / Hendrawan Prawidhi Putra

Putra, Hendrawan Prawidhi (2015) Pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas KSU di Kota Malang periode 2012 / Hendrawan Prawidhi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Hendrawan Prawidhi. 2014. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas KSU Di Kota Malang Periode 2012. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M. (II) H. Subagyo S.E. S.H. M.M. Kata kunci Perputaran Kas Perputaran Piutang Perputaran Modal Kerja ROA. Koperasi adalah salah satu organisasi ekonomi otonom yang berasal dari anggota oleh anggota dan untuk anggota. Koperasi bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya sekaligus sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan. Salah satu kinerja koperasi adalah profitabilitas. Dua tahun terakhir profitabilitas KSU cukup meningkat tetapi peningkatannya tidak maksimal. Profitabilitas dalam penelitian ini diproyeksikan dengan Return On Assets (ROA). Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mendeskripsikan variabel perputaran kas perputaran piutang perputaran modal kerja dan profitabilitas Koperasi Serba Usaha (KSU) dan (2) Menguji pengaruh variabel perputaran kas perputaran piutang dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kota Malang periode 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kota Malang pada periode 2012. Sampel Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kota Malang pada periode 2012 ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan pengambilan sampel yang telah ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dimana variabel perputaran kas perputaran piutang dan perputaran modal kerja sebagai variabel bebas dan profitabilitas return on assets (ROA) sebagai variabel terikat. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dan jenis datanya cross section. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi perputaran kas dan perputaran piutang tergolong lambat dan perputaran modal kerjanya tergolong cepat di Koperasi Serba Usaha (KSU) dan (2) Perputaran kas perputaran piutang dan perputaran modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap return on assets (ROA). Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kota Malang hendaknya diberikan diklat perkoperasian terkait pengelolaan modal kerja peninjauan terhadap KSU agar lebih efektif dalam mengelola modal kerjanya pada periode berikutnya dan lebih memperdulikan tingkat perputaran modal kerja agar efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31703

Actions (login required)

View Item View Item