Pengaruh hambatan berpindah (switching barrier) terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2014 Universitas Negeri Malang) / I Gede Eka Swastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hambatan berpindah (switching barrier) terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2014 Universitas Negeri Malang) / I Gede Eka Swastika

Swastika, I Gede Eka (2015) Pengaruh hambatan berpindah (switching barrier) terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2014 Universitas Negeri Malang) / I Gede Eka Swastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eka I Gede. 2015. Pengaruh Hambatan Berpindah (Switching Barrier) Terhadap Loyalitas Pelanggan Modem Smartfren (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd SE M.Sc Kata Kunci Biaya Perpindahan Daya Pikat Alternatif Hubungan Interpersonal Loyalitas Pelanggan. Seiring dengan perkembangan ekonomi di negara ini industri dan perusahaan-perusahaan baru banyak bermunculan diantaranya adalah industri di bidang teknologi komunikasi. Bisnis operator seluler dari tahun ke tahun terus meningkat seiring perkembangan jaman. Operator seluler tidak hanya menyediakan jasa SMS (Short Message Service) atau telepon saja namun juga meyediakan layanan paket internet dan Modem. Inovasi teknologi menjadi salah satu kunci di dalam menarik konsumen yang tentu saja harus diimbangi dengan harga yang kompetitif. Tetapi ketika semua operator mengandalkan inovasi ini maka kunci kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh teknologi. Akhirnya pelayanan kepada konsumen dan kecerdasan manajemen dalam membuat strategi dan membaca pasar menjadi faktor penting tidak hanya untuk menguasai pasar tetapi juga mempertahankan kelangsungan bisnis di industri telekomunikasi. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Deskripsi keadaan hambatan berpindah (switching barrier) yang terdiri dari biaya perpindahan daya pikat alternatif dan hubungan interpersonal dengan loyalitas pelanggan modem Smartfren. Dan besarnya pengaruh hambatan berpindah (switching barrier) yang terdiri dari biaya perpindahan daya pikat alternatif dan hubungan interpersonal secara parsial atau simultan terhadap loyalitas pelanggan modem Smartfren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 pengguna modem smartfren. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling terhadap 75 responden. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Biaya perpindahan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (2) Daya pikat alternatif secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (3) Hubungan interpersonal secara parsial bepengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (4) Biaya perpindahan daya pikat alternatif dan hubungan interpersonal secara simutan bepengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan modem smartfren (5) Daya pikat alternatif merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan modem smartfren. Berdasarkan hasil analisis dan temuan dalam penelitian ini penulis menyarankan (1) Saran bagi pihak smartfren untuk lebih menggencarkan iklan modemnya. Karena berdasarkan data yang di hasilkan dari kuisioner mengenai resiko psikologis bahwa responden lebih memilih produk berdasarkan iklan yang paling gencar. Dan juga saat ini smartfren lebih gencar mengiklankan produk hp nya. Dan sangat minim dalam mengiklankan produk modemnya . Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata indikator Resiko psikologis pelanggan mengenai pengalaman pernah memakai modem lain dan pelayanan yang dirasakan menggunakan modem lain kurang memuaskan yang mendapatkan nilai rata-rata terendah dari ke empat indikator biaya perpindahan lainnya yang hanya mencapai angka 3 32. (2) Bagian manajemen modem smartfren Hendaknya pihak manajemen mempertimbangkan lagi dalam menentukan harga modem smartfren agar lebih bersaing. Harga yang di tentukan oleh pihak manajemen pada saat ini masih pada posisi terendah sebagai salah satu faktor alasan pelanggan modem smartfren tidak berpindah ke modem lain (3) Gerai smartfren Hendaknya fasilitas pelayanan di service center smartfren lebih di memadai agar pelayanan perbaikan apabila terjadi kerusakan atau klaim garansi bisa dilakukan dengan cepat (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan misalnya variabel kualitas pelayanan karena kualitas pelayanan luas dan mendalam penerapan strategi-strateginya oleh karena itu alangkah baiknya apabila peneliti selanjutnya juga menambahkan variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan lebih jelas dan mendalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item