Rizkawati, Cicilia Dwi Anggia (2012) Pengembangan modul pembelajaran IPS terpadu untuk siswa kelas VIII SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang / Cicilia Dwi Anggria Rizkawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan Modul pembelajaran IPS IPS terpadu. Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang tertuang dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada siswa. Modul pembelajaran IPS Terpadu dikembangkan karena media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran terpadu masih terbatas dan belum ada yang sesuai dengan pembelajaran terpadu. Modul pembelajaran IPS Terpadu berisi perpaduan antar berbagai bidang studi IPS yang disatukan dengan tema. Bidang studi yang dipadukan adalah Sejarah Ekonomi Sosiologi dan Geografi. Tema yang dijadikan sebagai pemersatu bidang studi yaitu permasalahan penduduk dengan adanya urbanisasi . Adapun tujuan dari pengembangan yaitu menghasilkan produk modul pembelajaran IPS terpadu dengan tema permasalahan penduduk dengan adanya urbanisasi untuk siswa kelas VIII semester 2 SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang dan memvalidasi produk modul pembelajaran IPS terpadu dengan tema permasalahan penduduk dengan adanya urbanisasi untuk siswa kelas VIII semester 2 SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan diadaptasi dan dimodfikasi dari Dick and Carrey. Desain pengembangan yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu sebagai berikut (1) tahap analisis situasi awal (2) tahap kegiatan pengembangan rancangan modul (3) tahap pengembangan modul (4) kegiatan penilaian/ validasi (5) revisi produk. Instrument yang digunakan dalam penilitian ini berupa angket kelayakan untuk ahli materi ahli media dan siswa. Jenis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari ahli materi ahli media dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes belajar siswa. Modul pembelajaran IPS Terpadu hasil pengembangan terdiri dari pendahuluan pedoman guru pedoman siswa jaringan tema peta konsep materi soal tes formatif dan sumatif daftar pustaka silabus IPS Terpadu . Hasil instrument penilaian oleh evaluator menunjukkan bahwa hasil uji coba angket ahli materi menilai modul yang dikembangkan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (92 5%) ahli media menilai modul yang dikembangkan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (98 3%) siswa perseorangan menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (95%) siswa kelompok kecil menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (94 6%) kelompok besar/ lapangan menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (93 5%). hasil uji coba tes hasil belajar siswa dari tes hasil formatif perseorangan menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid dengan prosentase (83 4%) kelompok kecil menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (80%) kelompok besar/ lapangan menilai modul yang dikembangan memenuhi kualifikasi valid/layak dengan prosentase (85 8%). Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS Terpadu dengan tema permasalahan penduduk dengan adanya urbanisasi untuk siswa kelas VIII semester 2 SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang termasuk dalam kualifikasi valid sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317 |
Actions (login required)
View Item |