Pengaruh persepsi citra merek terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan Eardah Kosmetik di Toserba Apollo Pamekasan) / Reni Puji Astutik

Astutik, Reni Puji (2015) Pengaruh persepsi citra merek terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan Eardah Kosmetik di Toserba Apollo Pamekasan) / Reni Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astutik, Reni Puji. 2015. Pengaruh Persepsi Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Wardah Kosmetik di Toserba Apollo Pamekasan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si, (II) Drs. Mohammad Hari, M.Si. Kata Kunci: Citra Merek, Loyalitas Pelanggan Kebutuhan masyarakat dalam menggunakan produk kosmetik saat ini sangat diminati oleh pelanggan. Setiap perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif dalam menghadapi para pesaing. Salah satunya adalah produsen harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetitif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan membentuk citra merek yang baik dimata konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan variabel-variabel citra merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel yaitu asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2), keunikan asosiasi merek (X3) dan dukungan asosiasi merek (X4), sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Wardah kosmetik di Toserba Apollo Pamekasan. Teknik sampling menggunakan random sampling dan penentuan jumlah sampel memakai rumus Daniel & Terrel sehingga didapatkan sampel 110 responden. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolonieritas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa asosiasi merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Toserba Apollo Pamekasan, sedangkan kekuatan asosiasi merek (X2) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, keunikan asosiasi merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan keunikan asosiasi merek (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Saran peneliti diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menemukan atau meneliti variabel-variabel lainnya di luar penelitian ini. Karena loyalitas pelanggan juga dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya. Variabel tersebut seperti keunggulan asosiasi merek, karena variabel tersebut juga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31692

Actions (login required)

View Item View Item