Manajemen pemasaran lembaga Pendidikan Formal Studi Multi Situs di MIN Malang I dan MIN Malang II / Eka Setia Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pemasaran lembaga Pendidikan Formal Studi Multi Situs di MIN Malang I dan MIN Malang II / Eka Setia Wahyuni

Wahyuni, Eka Setia (2009) Manajemen pemasaran lembaga Pendidikan Formal Studi Multi Situs di MIN Malang I dan MIN Malang II / Eka Setia Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pendidikan termasuk organisasi pendidikan yang memasarkan jasanya kepada masyarakat luas. Lembaga pendidikan merupakan bagian dari jasa. Jasa merupakan suatu produk yang tidak kentara artinya barang yang dipertukarkan dengan uang adalah suatu yang tidak berwujud. Lembaga pendidikan berlomba mencari calon peserta didik yang sesuai dengan daya tampung sekolah tersebut oleh sebab itu banyak kegiatan promosi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan. Cara mendapatkan peserta didik yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan antara lain dengan mengenalkan lembaga pendidikan kepada masyarakat melalui segala sarana dan prasarana yang dimiliki kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta prestasi-prestasi yang telah dicapai kepada masyarakat dengan jalan melakukan kegiatan promosi sekolah (http //www.geocities.com). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses manajemen pemasaran teknik pemasaran faktor pendukung dan penghambat manajemen pemasaran. Penelitian ini dilakukan di MIN I Malang karena latar belakang keagamaan yang kuat dan memiliki banyak teknik pemasaran sehingga orang tua banyak yang tertarik terutama karena prestasi-prestasinya. Ini dibuktikan selalu meningkatnya prestasi siswa-siswi MIN Malang I dari tahun ke tahun. Sedangkan yang mendorong peneliti memilih MIN Malang II yaitu karena latar belakang keagamaan yang kuat dan terletak di tengah pemukiman masyarakat MIN Malang II yang masih belum banyak dikenal orang sehingga MIN Malang II mempunyai beberapa teknik pemasaran agar madrasah dapat diketahui oleh masyarakat luas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran yang dideskripsikan pada penelitian ini adalah segala peristiwa yang ada kaitannya dengan manajemen pemasaran lembaga pendidikan formal di MIN Malang I dan MIN Malang II dapat berupa manusia peristiwa latar dan dokumen. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan studi multi situs karena pada penelitian ini dilakukan di dua lokasi (madrasah) karena memiliki karakteristik yang sama dan memiliki keunikan proses manajemen pemasaran tetapi memiliki tujuan yang sama. Lokasi diadakannya penelitian ini adalah MIN Malang I dan MIN Malang II. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) proses manajemen pemasaran yang dilakukan di MIN Malang I dan MIN Malang II melalui proses yang sama yaitu perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing) pelaksanaan/penggerakan (actuating) dan pengawasan (controlling) (2) teknik pemasaran yang digunakan di MIN Malang I dan MIN Malang II ada yang sama yaitu melalui orang brosur media baik cetak maupun elektronik dan teknik komunkasi lainnya. Sedangkan untuk teknik berbeda yang digunakan di MIN Malang I dan MIN Malang II yaitu prospektus video promosi media handphone dan spanduk. Pada pertemuan terbuka dan kegiatan lainnya di MIN Malang I setiap tahunnya memperingati wisuda gelar prestasi dan HUT madrasah. Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah family gathering para orang tua siswa. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi para orang tua siswa dengan civitas akademika MIN Malang I. Sedangkan di MIN Malang II setiap tahunnya selalu menyelenggarakan event untuk memperkenalkan madrasah kepada masyarakat luas. Selain itu madrasah juga ikut serta dalam kegiatan karnaval baik di tingkat kampung maupun kota untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. (3) faktor penghambat di MIN Malang I yaitu (a) sulitnya meluangkan waktu karena kesibukan dari semua bagian atau semua koordinator bidang (b) masyarakat yang beranggapan bahwa MIN Malang I adalah madrasah negeri yang seluruh biaya pembelajarannya ditanggung oleh pemerintah (c) masih ada tenaga karyawan yang gagap teknologi (d) sarana dan prasarana yang masih perlu ditingkatkan lagi (e) secara teknis misalnya gangguan dari provider atau jaringan telepon seluler (handphone). Sedangkan di MIN Malang II yaitu (a) kemampuan yang masih terbatas menjadi salah satu faktor penghambat proses pemasaran di madrasah (b) dari segi dana karena memang pemasaran membutuhkan dana yang besar (c) kurangnya fasilitas yang disediakan oleh madrasah misalnya seperti inventaris komputer yang masih sangat minim (4) faktor pendukung di MIN Malang I yaitu (a) Kepala Madrasah yang selalu ingin belajar dan membenahi diri agar lebih baik lagi (b) sumber daya manusia di madrasah seperti guru-guru yang selalu kompak dan mampu bekerjasama secara maksimal (c) sarana dan prasarana yang memadai (d) komite madrasah yang mempunyai perhatian dengan citra madrasah di luar. Sedangkan di MIN Malang II yaitu (a) Kepala Madrasah yang selalu ingin membenahi diri ke arah yang lebih baik (b) masyarakat sekitar yang selalu memberikan dukungan sehingga proses pemasaran dapat berjalan dengan baik (c) tim yang solid yang dimiliki madrasah sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan (d) dari pihak induk yaitu Departemen Agama Kota Malang yang mempunyai perhatian terhadap apa yang dikeluhkan oleh madrasah. Disarankan kepada kepala madrasah beserta pegawai yang mendukung dalam pemasaran madrasah agar lebih meningkatkan kemampuan dalam mengadakan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan pemasaran lembaga pendidikan formal baik di MIN Malang I maupun di MIN Malang II. Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan jurusan lebih banyak lagi mengkaji pemasaran lembaga pendidikan formal secara luas sebagai pendalaman dalam ilmu manajemen pendidikan khususnya manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat Bagi Departemen Agama Kota Malang hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan untuk perumusan kebijakan bagi madrasah lain yang berada di bawah naungan Depag. Bagi sekolah atau madrasah lainnya yang setingkat diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk merumuskan dan mengembangkan kebijakan manajemen pemasarannnya. Bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode yang lain sehingga dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item