Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SPBE PT. Bintang Cipta Persada Trenggalek / Woro Okta Tricahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SPBE PT. Bintang Cipta Persada Trenggalek / Woro Okta Tricahyo

Tricahyo, Woro Okta (2015) Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SPBE PT. Bintang Cipta Persada Trenggalek / Woro Okta Tricahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tricahyo Woro Okta. 2015. Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3) di SPBE PT. Bintang Cipta Persada Trenggalek. Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (2) Elfia Nora S.E. M.Si Kata Kunci keselamatan dan kesehatan kerja Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)sangat diperlukan bagi semua perusahaan agar terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat dalam mewujudkan kesejahteraan kerja para karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan. SPBE PT. Bintang Cipta Persada mengharapkan semua karyawan merasa aman dan nyaman dalam melakukan pekerjaan. PT. Bintang Cipta Persada mampu mencapai kecelakaan nihil (zero accident) dimana perusahaan mampu mencapai keadaan tidak terjadi kecelakaan di tempat kerja. Tetapi di lapangan terdapat beberapa karyawan yang kurang lengkap dalam penggunaan alat pelindung diri (APD) alasannya ada alat pelindung diri yang kurang nyaman dan sudah tidak layak pakai atau rusak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana peraturan yang dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (2) pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (3) hambatan yang dihadapi serta (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena penelitian tidak untuk mengeksplanasi hubungan antar variabel melainkan untuk mengeksplorasi keadaan yang sebenarnya terjadi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat peraturan keselamatan dan kesehatan kerja yang berasal dari perusahaan yaitu kebijakan K3 dan komitmen HSE dan peraturan yang berasal dari pemerintah berupa undang-undang dan peraturan menteri tenaga kerja dan trasnmigrasi. Pengetahuan tentang K3 di perusahaan ini sudah cukup baik tentang alat pelindung diri program atau pelatihan dan kedisiplinan. Alat pelindung diri sudah tersedia tetapi ada yang tidak nyaman atau tidak layak pakai sehingga kesadaranan tentang penggunaan alat pelindung diri kurang baik. Masih terdapatnya karyawan yang tidak memakai alat pelindung diri dengan lengkap. Program atau pelatihan sudah baik dengan adanya organisasi keadaan darurat (OKD) serta pelatihan dalam bekerja. Hambatan yang terjadi yaitu terdapat troli alat pemindah tabung yang rusak dan alat pelindung diri yang tidak layak pakai atau sudah rusak sehingga karyawan kurang disiplin tentang penggunaan alat pelindung diri lengkap. Upaya yang dilakukan yaitu dengan cara memasang CCTV memasang slogan-slogan di area SPBE sosialisasi briefing mengingatkan dengan lisan dan karyawan berusaha memperbaiki jika ada alat kerja yang rusak. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan bahwa sebaiknya jika terdapat alat pelindung diri atau alat kerja yang rusak dan itu bisa menghambat pekerjaan sebaiknya langsung melapor kepihak manajemen untuk segera diperbaiki atau diganti sehingga karyawan nyaman dan merasa aman dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31689

Actions (login required)

View Item View Item