Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ppkn di smp negeri 3 bandung kabupaten tulungagung / Afiola Berliandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ppkn di smp negeri 3 bandung kabupaten tulungagung / Afiola Berliandari

Berliandari, Afiola Berliandari (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ppkn di smp negeri 3 bandung kabupaten tulungagung / Afiola Berliandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bandung Kabupaten Tulungagung. Kajian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif independent sample t-test dan regresi linier sederhana. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa 1) 11 siswa merasa sangat memahami menggunakan media pembelajaran monopoli sehingga monopoli dapat digunakan sebagai media belajar siswa 2) Hasil post-test memperoleh rata-rata tertinggi pada kelas eksperimen 89 57 dan kelas kontrol 76 09. Pada Independent sample t-test memperoleh sig 0 000 lt 0 05 maka terdapat perbedaan pemahaman belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran monopoli dengan siswa yang menggunakan media buku 3) Pada analisis regresi linier sederhana diperoleh sig 0 007 lt 0 05 dan diperoleh nilai thitung 2 980 gt 1 725 maka terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/316887

Actions (login required)

View Item View Item