Wilujeng , Dania Wahyu (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 1 Dampit / Dania Wahyu Wilujeng</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari pelaksanaan riset ini yakni pertama menganalisis tingkat hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Dampit setelah menerapkan media pembelajaran berupa videoscribe untuk mata pelajaran PPKn. Kedua mengukur perolehan nilai hasil belajar siswa akibat dari pengimplementasian media pembelajaran berupa videoscribe. Pelaksanaan riset ini berjenis kuantitatif dengan metode risetnya berupa eksperimen semu (quasi experimental design) bermodelkan rancangan non-equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel menerapkan simple random sampling sedangkan metode yang diterapkan untuk mengumpulkan data riset berupa instrumen soal atau test. Data yag sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan mengimplementasikan analisis statistik inferensial. Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan beberapa hasil yaitu pertama nilai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sejumlah 25 untuk kelompok eksperimen menjadi 68. Hasil yang kedua didapatkan nilai kelompok kontrol meningkat sejumlah 6 76 menjadi 50 29. Hal ini mengindikatorkan media pembelajaran berupa videoscribe membantu siswa memahami secara realistik kejadian masa lampau menjadikan materi pelajaran menjadi lebih jelas dan memungkinkan siswa mengulang kembali materi pelajaran yang dijelaskan sebelumnya. Sehingga media pembelajaran berbasis videoscribe bisa mempengaruhi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Dampit pada mata pelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316856 |
Actions (login required)
View Item |