Penaksiran nilai aset MTs Maarif NU Gandusari Blitar / Isna Nuzila Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penaksiran nilai aset MTs Maarif NU Gandusari Blitar / Isna Nuzila Hidayati

Hidayati, Isna Nuzila (2009) Penaksiran nilai aset MTs Maarif NU Gandusari Blitar / Isna Nuzila Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah sebagai lembaga formal didirikan oleh pihak pemerintah maupun swasta/yayasan. Sekolah swasta menggantungkan sebagian besar harapan untuk kelangsungan penyelenggaraan pendidikannya pada masyarakat yang bertindak sebagai stakeholders. Untuk menarik minat masyarakat terhadap sekolah salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah mutu/kualitas sekolah. Untuk itu yayasan/sekolah swasta harus mampu menyediakan dana guna meningkatkan mutu tersebut dengan cara bekerjasama dengan pihak investor salah satu diantaranya adalah lembaga keuangan/bank. Tentunya pihak bank tidak akan berinvestasi begitu saja kepada pihak yayasan/sekolah pihak sekolah harus mampu memberikan jaminan/agunan yang dapat berupa aset yang dimiliki sekolah. Selain mutu sekolah perhitungan kekayaan sekolah swasta juga diperlukan para investor untuk menentukan seberapa besar investasi yang akan ditanamkan kepada sekolah. Selanjutnya sesuai dengan UU Yayasan Nomor 28 Tahun 2004 kekayaan yayasan/sekolah swasta harus diketahui sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas yayasan terhadap mpihak yang berkepentingan dengan yayasan/sekolah swasta. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengidentifikasi dan mengkategorisasi jenis-jenis asset yang dimiliki oleh MTs Maarif NU Gandusari Blitar sampai dengan Tahun Buku 2007 (2) mengetahui nilai asset yang dimiliki oleh MTs Maarif NU Gandusari Blitar sampai dengan Tahun Buku 2007. untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi berupa laporan data barang inventaris dan laporan keuangan metode observasi dan metode wawancara. Objek penelitian adalah MTs maarif NU Gandusari Blitar. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mendata semua aktiva yang dimiliki sekolah menghitung nilai perolehan kemudian dikurangi nilai penyusutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategorisasi aset yang dimiliki MTs Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Gandusari Blitar sampai dengan Tahun Buku 2007 berupa Aktiva Lancar Aktiva Tetap dan Aktiva Tak Berwujud. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa taksiran nilai aset MTs Maarif NU Gandusari Blitar sampai dengan Tahun Buku 2007 untuk Aktiva Lancar adalah sejumlah Rp 5.962.574 00 taksiran nilai aktiva tetap adalah sebesar Rp 775.240.540 00 dan taksiran nilai untuk aktiva tak berwujud yang dimiliki oleh sekolah senilai Rp 120.106.800 00. Dengan demikian taksiran nilai kekayaan/aset yang dimiliki oleh MTs Maarif NU Gandusari Blitar sampai dengan Tahun Buku 2007 adalah senilai Rp 901.309.914 00. Implikasi hasil penelitian ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas manajemen sarana dan prasarana (aset) sekolah sebaiknya sekolah melakukan penyeimbangan nilai asset sekolah dalam bentuk penghapusan karena jumlah asset yang dimiliki akan mengalami penyusutan secara terus-menerus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan peneliti lain lebih mengembangkan lagi teori yang telah diadopsi oleh peneliti. Apabila dalam penelitian ini peneliti menghitung nilai Sumber Daya Manusia (SDM) dari asumsi yang dikembangkan oleh peneliti karena pada saat ini para akuntan belum menemukan rumus yang tepat untuk menghitung SDM sebagai aset maka peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadopsi teori tentang akuntansi SDM yang sekarang sedang dikembangkan oleh para akuntan dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item