Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Mubtadiin Islamiyah Banyakan Kabupaten Kediri / Muhammad Aslih Himama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Mubtadiin Islamiyah Banyakan Kabupaten Kediri / Muhammad Aslih Himama

Himama, Muhammad Aslih (2009) Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Mubtadiin Islamiyah Banyakan Kabupaten Kediri / Muhammad Aslih Himama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah cara atau pendekatan baru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu melalui pemberian kewenangan yang lebih kepada masing-masing sekolah untuk menjalankan programnya secara berkelanjutan dan mengarah kepada upaya perbaikan terus menerus dan dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan dengan prinsip efektif dan efisien. Bentuk manajemen ini adalah sebagai tindak lanjut dari digalakkannya otonomi daerah dimana setiap daerah diberi kewenangan sebebas-bebasnya dalam mengupayakan pembangunan daerahnya. MBS ini menuntut sekolah untuk lebih kreatif dalam meningkatkan kualitas melakukan perbaikan terus menerus sebagai upaya mengembangkan diri yang pada akhirnya akan dapat mencetak output yang berkualitas. Pelaksanaan MBS ini mencangkup empat pilar MBS yaitu peningkatan mutu kemandirian partisipasi masyarakat dan transparansi. Keempat pilar ini merupakan kegiatan inti dari penerapan MBS. Kesuksesan dalam pelaksanaan empat pilar MBS tidak luput dari pada peran setiap sumber daya manusia yang ada di suatu sekolah mulai dari pimpinan sampai dengan bawahan yang merupakan mesin penggerak dalam lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan program sekolah dengan Pendekatan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan bagaimana proses penerapan empat pilar MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan penerapan pilar mutu dalam pelaksanaan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan bagaimana penerapan pilar kemandirian dalam pelaksanaan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan bagaimana penerapan pilar partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pilar transparansi dalam pelaksanaan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan MBS di MI MMI Banyakan mendeskripsikan solusi dalam mengatasi masalah yang timbul. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh komponen madrasah yang ada di MI MMI Banyakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu bertujuan mendeskripsikan proses atau langkah-langkah dalam melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu mulai dari perencanaan pelaksanaan evaluasi hambatan serta solusi dalam mengatasi hambatan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum MI MMI Banyakan ini sudah dapat melaksanakan MBS dengan baik. Mulai dari proses perencanaan proses pelaksanaan dan proses evaluasinya sudah berjalan dengan baik. Semua pilar MBS yang terdiri atas peningkatan mutu kemandirian partisipasi masyarakat dan transparansi sudah berhasil dijalankan walaupun dengan berbagai keterbatasan yang dimilikinya. Peningkatan mutu sekolah dilakukan melalui peningkatan kedisiplinan bagi guru dan kepala sekolah serta membuat program-program baru. Kemandirian sekolah tercermin dalam pelaksanaan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sudah berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat dalam sekolah meliputi berbagai bentuk diantaranya sebagai pengguna jasa sekolah kontribusi masyarakat dalam pembangunan fisik sekolah konsultasi proses pendidikan anaknya ke sekolah dan peran serta masyarakat dalam pengambilan keputusan. Hambatan sekolah dalam melaksanakan MBS ini adalah belum fahamnya masyarakat sekolah maupun masyarakat umum mengenai konsep MBS. Keberhasilan MI MMI Banyakan dalam melaksanakan MBS adalah berkat kemampuan Kepala Madrasah dalam merangkul semua kalangan sehingga semuanya bisa kompak dalam memajukan pendidikan di MI MMI Banyakan ini. Latar belakang pendidikan Kepala Madrasah dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam sangat mempengaruhi kemampuan beliau sebagai manajer madrasah. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka peneliti dapat memberikan saran sebagaimana berikut 1). Tenaga Pendidik Keterbatasan wacana guru-guru dan personel sekolah mengenai konsep manajemen berbasis sekolah perlu diimbangi dengan pelatihan-pelatihan teknis yang bersifat praktis sehingga akan memberi kemudahan guru dalam memahami konsep tersebut. 2). Bagi Kepala Sekolah Kepemimpinan kepala sekolah sudah sangat bagus sekali terutama dalam mengajak dan melibatkan seluruh personel sekolah dalam setiap kegiatan sehingga semua personel dapat selalu kompak. Satu hal yang perlu di tingkatkan adalah pelatihan kepada guru-guru dalam melaksanakan proses belajar-mengajar sehingga semua komponen dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 3) bagi peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item View Item