Pengaruh atmosfer toko dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian spontan (studi pada swalayan Golden Tulungagung) / Indah Linawati Octavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atmosfer toko dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian spontan (studi pada swalayan Golden Tulungagung) / Indah Linawati Octavia

Octavia, Indah Linawati (2015) Pengaruh atmosfer toko dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian spontan (studi pada swalayan Golden Tulungagung) / Indah Linawati Octavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavia Indah L. 2015. Pengaruh Atmosfer Toko dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Pembelian Spontan (Studi pada Golden Swalayan Tulungagung). Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Handri Dian Wahyudi S.Pd. M.Sc. Kata kunci atmosfer toko promosi penjualan dan pembelian spontan Pada era globalisasi saat ini banyak usaha ritel modern yang bermunculan di Indonesia salah satunya adalah Swalayan Golden di Tulungagung. Bangkitnya usaha ritel tidak lepas dari tuntutan kebutuhan masyarakat yang bervariasi dan menginginkan hal serba praktis. Perilaku konsumen yang menarik di dalam toko ritel modern yaitu adanya perilaku pembelian spontan (impulse buying). Perilaku berbelanja konsumen dapat dimanfaatkan peritel dengan menggunakan atmosfer toko yang terdiri dari tata letak pencahayaan temperatur aroma dan musik serta promosi penjualan yang terdiri dari diskon kupon dan hadiah langsung (gimmick) sebagai stimulus pemicu munculnya pembelian spontan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi atmosfer toko promosi penjualan dan perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung (2) Atmosfer toko dan promosi penjualanberpengaruhterhadap perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung (3) Diantara variabel atmosfer toko dan promosi penjualan manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Swalayan Golden Tulungagung. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan menentukan jumlah sampel digunakan rumus Daniel Terrel sehingga diperoleh sampel sebanyak 140 responden. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh pada atmosfer toko terhadap perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung. Pada promosi penjualan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa promosi penjualan berpengaruh paling dominan terhadap perilaku pembelian spontan di Swalayan Golden Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini peneliti menyarankan bagi pihak manajemen Swalayan Golden Tulungagung untuk memperbaiki pencahayaan yang ada di lantai atas agar terlihat lebih mewah dan terang seperti lantai bawah. Selain itu Swalayan Golden juga perlu menambah alat promosi penjualan lainnya agar lebih bervariasi seperti garansi produk promosi gabungan point of purchase (POP) display dan sebagainya. Juga bagi peneliti selanjutya untuk menelitivariabel-variabel lain di luarvariabel yang sudah ditelitidalampenelitianini agar mendapatkanhasil yang lebihvariatifmengenai pembelian spontan(impulse buying).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31666

Actions (login required)

View Item View Item