Pengaruh current ratio, NPL dan pertumbuhan aset terhadap profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat Kota Malang periode 2013-2014 / Adib Aprilianur

Aprilianur, Adib (2015) Pengaruh current ratio, NPL dan pertumbuhan aset terhadap profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat Kota Malang periode 2013-2014 / Adib Aprilianur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprilianur, A. 2015. Pengaruh Current ratio, NPL dan Pertumbuhan Aset terhadap Profitabilitas pada Bank Perkreditan Rakyat Kota Malang Periode 2013-2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Agung Winaro. M.M., (II) Trisetia Wijijayanti. S.E., MBA. Kata Kunci: Profitabilitas, Current Ratio, Not Performing Loan (NPL), Pertumbuhan Aset     Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan menghasilkan laba selama periode tertentu. Profitabilitas dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel independen diantaranya adalah current ratio, not performing loan (NPL) dan pertumbuhan aset. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen.     Rancangan penelitian ini bersifat kuantitatif, yang karakteristik masalahnya termasuk penelitian asosiatif kausalitas. Sampel yang diambil adalah 5 bank perkreditan rakyat di Kota Malang periode triwulan tahun 2013 hingga 2014 dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yang disusun dengan format dokumentasi agar mempermudah pengukuran.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi profitabilitas dari ROA dan ROE dari tahun 2013 ke tahun 2014 mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan tren naik, kondisi current ratio mengalami penurunan yang ditunjukkan dengan tren menurun dari tahun 2013 ke tahun 2014, kondisi not performing loan mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan tren naik dari tahun 2013 ke tahun 2014 dan kondisi pertumbuhan aset mengalami penurunan yang ditunjukkan dengan tren menurun dari tahun 2013 ke tahun 2014. Pada hasil uji statistik menunjukkan bahwa: (2) Current ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. (3) NPL tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. (4) Pertumbuhan Aset tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.     Berdasarkan hasil dari penelitian saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut: (1) Pada pihak manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan aktivitas dalam aset lancar antara lain kas, piutang dan persediaan juga harus tetap menerapkan prinsip hati-hati dan selektif dalam pemberian kredit untuk menghindari kredit yang bermasalah. (2) Pihak kreditur dan debitur dalam melakukan transaksi keuangan selain memepertimbangkan kondisi profitabilitas juga harus melihat kondisi lain diluar kondisi rasio NPL maupun aset yang dimiliki bank perkreditan rakyat yang nantinya akan juga mempengaruhi profitabilitas. (3) Peneliti selanjutnya, sebaiknya menambah variabel lain diluar variabel independen penelitian yang berpengaruh terhadap profitabilitas dan menambah periode pengamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31656

Actions (login required)

View Item View Item