Pasmungkas, Suluh Jalu Pasmungkas (2023) Upaya meningkatkan keterampilan tendangan depan pencak silat menggunakan metode drill pada siswa baru ekstrakurikuler di smp negeri 15 malang / Suluh Jalu Pasmungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pamungkas Suluh Jalu. 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan Depan Pencak Silat Menggunakan Metode Drill pada Siswa Baru Ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi. Departemen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata kunci Bela diri Pencak Silat Drill Siswa SMP. Permasalahan ditemukan di SMPN 5 Malang yaitu berdasarkan pada hasil observasi yang menerangkan bahwa observer 1 mencatat rata-rata 61% siswa baru ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 15 Malang belum menguasai sikap dan gerakan tendangan depan. Sedangkan menurut observer 2 mencatat rata-rata 66% tidak menguasai sikap dan gerakan tendangan depan. Sehingga penguasaan tendangan depan termasuk kategori kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tendangan depan depan dengan menggunakan metode drill pada siswa baru ekstrakurikuler SMP Negeri 5 Malang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian mengacu pada model dari Kemmis dan Taggart yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi. Siklus tersebut berlangsung 2 siklus. Subyek penelitian ditujukan pada peserta baru ekstrakurikuler yang berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian diantaranya 1) Tahap awal 2) Tahap pelaksanaan 3) Tahap akhir dan 4) Tahap analisis dan refleksi. Teknik analisis data kuantitatif yang mendasarkan pada uji statistik deskriptif dengan taraf persentase keberhasilan tindakan. Hasil menunjukkan penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan tendangan depan siswa baru ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 15 Malang dengan rata-rata taraf keberhasilan akhir mencapai 95 13% atau tergolong baik sekali. Taraf keberhasilan pada tiap siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan hasil observasi awal dengan rata-rata keberhasilan sebesar 37%. Peningkatan tersebut diperoleh dari perlakuan pada siklus I dan siklus II yang yang dilakukan selama tiga pertemuan. Siklus I pertemuan 1 memperoleh taraf keberhasilan sebsar 89 68% pertemuan 2 sebesar 89 06% dan pertemuan 3 sebesar 91 14%. Siklus II pertemuan 1 memperoleh taraf keberhasilan sebesar 93 23% pertemuan 2 sebesar 94 53% dan pertemuan 3 sebesar 97 65%. Simpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan metode drill yang difokuskan pada indikator tendangan depan yakni sikap awal (kuda-kuda sikap badan tangan pasang dan pandangan depan) lanjutan (gerakan lutut lecutan perkenaan ujung kaki tumpuan kaki) dan sikap akhir (tarikan kaki posisi kaki sikap tangan dan badan) terbukti dapat meningkatkan keterampilan tendangan depan pada siswa baru Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMP Negeri 15 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316536 |
Actions (login required)
View Item |