Pengaruh rasio arus kas operasi dan Price to Book Value (PBV) terhadap return saham (studi pada perusahaan sektor Property dan Real Estate yang lsiting di BEI periode 2011-2013) / Ika Novita Probowati

Probowati, Ika Novita (2015) Pengaruh rasio arus kas operasi dan Price to Book Value (PBV) terhadap return saham (studi pada perusahaan sektor Property dan Real Estate yang lsiting di BEI periode 2011-2013) / Ika Novita Probowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Probowati, Ika Novita. 2014. Pengaruh Rasio Arus Kas Operasi dan Price to Book Value (PBV) Terhadap Retturn Saham (Studi pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Listing di BEI Periode 2011-2013). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuli Soesetio, S.E., M.M, (II) Trisetia Wijijayanti, S.E., MBA. Kata kunci: Rasio Arus Kas Operasi, Price to Book Value, Return Saham, Perusahaan Sektor Property dan Real Estate     Setiap investor pasti menginginkan keuntungan atau pengembalian yang tinggi dari kegiatan investasinya. Keuntungan atau pengembalian dalam berinvestasi disebut dengan return. Faktor yang dapat mempengaruhi return saham, diantaranya adalah rasio arus kas operasi dan price to book value. Rasio arus kas operasi digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Apabila perusahaan dapat memenuhi kewajibannya, maka kepercayaan investor pada perusahaan tersebut tinggi sehingga harga saham naik dan return saham juga naik. Sedangkan price to book value adalah rasio yang dapat mencerminkan keadaan nilai buku perusahaan dengan harga saham yang ada di pasar. Nilai PBV yang tinggi mampu meningkatkan kepercayaan investor terhadap prospek bisnis perusahaan. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah permintaan saham sehingga harga saham di pasar naik dan selanjutnya akan meningkatkan nilai return saham.     Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara rasio arus kas operasi dan price to book value terhadap return saham. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan sektor property dan real estate yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji parsial.     Hasil penelitian menggunakan uji parsial menunjukkan bahwa rasio arus kas operasi pada t+1 sampai t+5 tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Price to book value (PBV) pada t+1 berpengaruh positif signifikan terhadap return saham, sedangkan Price to book value (PBV) pada t+2 sampai t+5 tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.     Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan peneliti selanjutnya menambah faktor lain baik berupa faktor fundamental maupun faktor makro ekonomi karena masih terdapat faktor lain yang juga berpengaruh terhadap return saham. Peneliti selanjutnya juga dapat mengambil subyek perusahaan yang berbeda. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan return saham sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31642

Actions (login required)

View Item View Item