Persepsi guru terhadap perubahan organisasional dan hubungannya dengan tingkat kualitas kehidupan kerjanya di SMK se-kota Probolinggo / Dwi Febria Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap perubahan organisasional dan hubungannya dengan tingkat kualitas kehidupan kerjanya di SMK se-kota Probolinggo / Dwi Febria Wulandari

Wulandari, Dwi Febria (2009) Persepsi guru terhadap perubahan organisasional dan hubungannya dengan tingkat kualitas kehidupan kerjanya di SMK se-kota Probolinggo / Dwi Febria Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Dwi Febria. 2008. Persepsi Guru terhadap Perubahan Organisasional dan Hubungannya dengan Tingkat Kualitas Kehidupan Kerjanya di SMK se-Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ali Imron M.Pd. M.Si (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si. Kata kunci Persepsi guru perubahan organisasional kualitas kehidupan kerja. Perubahan organisasional adalah proses inovasi ke arah kemajuan atau perkembangan dalam suatu wadah dan pola kerja sama orang-orang dalam suatu sistem yang terkoordinasi secara terus-menerus. Perubahan organisasional terjadi dalam aspek teknologi manusia dan budaya organisasi. Perubahan-perubahan yang terjadi mengharuskan respon organisasional yang tepat. Makin tingginya tingkat pendidikan rata-rata guru akan menyebabkan meningkatnya aspirasi dan tuntutan mereka dalam bekerja. Mereka pada umumnya mengharapkan perlakuan kerja yang lebih manusiawi peluang aktualisasi diri yang lebih besar suasana kerja yang lebih menyenangkan dan lebih motivatif serta kesempatan karir yang lebih terbuka. Dengan terpenuhinya kepuasan harga diri motivasi keterlibatan dan komitmen pengalaman individu yang berkenaan dengan kehidupan mereka dalam bekerja dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja mereka selaku anggota organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik perubahan organisasional menurut persepsi guru seberapa baik tingkat kualitas kehidupan kerjanya untuk mengetahui hubungan antara perubahan organisasional menurut persepsi guru dan tingkat kualitas kehidupan kerjanya. Tujuan khusus perubahan organisaisonal dirinci yaitu untuk mengetahui perubahan teknologi menurut persepsi guru perubahan manusia dalam organisasi menurut persepsi guru perubahan budaya organisasi menurut persepsi guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMK se-Kota Probolinggo lokasi penelitian di SMK se-Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian adalah guru SMK se-Kota Probolinggo yang berjumlah 385 orang. Sampel penelitian berjumlah 196 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling yaitu membagi sampel sesuai dengan proporsi yang terdapat di setiap wilayah pada masing-masing SMK se-Kota Probolinggo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Pengukuran variabel perubahan organisasional menurut persepsi guru menggunakan skala Likert dengan 5 (lima) skala yaitu (1) sangat baik (2) baik (3) cukup baik (4) tidak baik (5) sangat tidak baik. Variabel tingkat kualitas kehidupan kerjanya menggunakan skala (1) selalu (2) sering (3) kadang-kadang (4) jarang (5) tidak pernah. Untuk uji validitas menggunakan Statistik Korelasi Product Moment dan reliabilitas digunakan rumus Alpha Cron Bach. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. 6 Untuk mengetahui apakah secara bersama-sama hubungan variabel prediktor (X) dalam penelitian ini perubahan teknologi organisasi (X1) perubahan manusia di dalam organisasi (X2) dan perubahan budaya organisasi di sekolah (X3) secara bersama memiliki hubungan dengan variabel QWL (Y) dalam penelitian ini desain pekerjaan (Y1) manajemen partisipasi (Y2) lingkaran kualitas (Y3) dan Perlakuan dalam suatu kelompok (Y3) digunakan teknik analisis korelasi ganda (multiple correlation) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMK se-Kota Probolinggo memiliki persepsi yang baik terhadap perubahan oragnisasional dengan nilai mean (rata-rata) sebesar 197 163. Tingkat kualitas kehidupan kerjanya tersebut berada pada kualifikasi baik dengan nilai mean sebesar 212 87. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap perubahan organisasional dan tingkat kualitas kehidupan kerjanya yang dapat diketahui dari besarnya nilai r hitung 0 409 r tabel 0 148 ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha tak ditolak. Saran agar persepsi guru terhadap perubahan organisasional semakin baik hendaknya memperhatikan aspek positif dan negatif terhadap perubahan yang terjadi sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja yang lebih baik melalui perubahan pengetahuan perilaku dan cara pandang dan kreativitas berpikir. Seiring dengan kemajuan jaman yang menuntut adanya suatu perubahan hendaknya kepala sekolah dan Jurusan Administrasi Pendidikan meningkatkan penjelasan tentang perubahan organisasional baik itu dari segi perubahan internal maupun eksternal dari organisasi serta melakukan sasaran perubahan yang berupa perubahan teknologi perubahan manusia serta perubahan budaya organisasi. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi baru serta motivasi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian terhadap tingkat kualitas kehidupan kerja karena ada indikasi yang kuat bahwa perbaikan dalam QWL yang menguntungkan akan mempengaruhi kinerja organisasi dan kemampuan organisasi untuk bersaing dalam lingkungan global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item