Pemanfaatan labortatorium sebagai layanan akademik menurut mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Siti Nur Fadhillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan labortatorium sebagai layanan akademik menurut mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Siti Nur Fadhillah

Fadhillah, Siti Nur (2011) Pemanfaatan labortatorium sebagai layanan akademik menurut mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Siti Nur Fadhillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan laboratorium layanan akademik. Peningkatan kualitas pendidikan dilakukan sejalan dengan perkembangan dan tuntutan terhadap lulusan yang berkompeten dalam bidang yang ditekuni. Laboratorium merupakan sarana penunjang pendidikan yang harus dimiliki oleh lembaga pendidikan. Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan yang mencetak agent of change bagi pembangunan pendidikan harus senantiasa memperbaiki sistem pendidikan untuk menciptakan mutu pendidikan yang diharapkan. Salah satu sarana akademik yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi diperlukan adanya sarana berupa laboratorium. Laboratorium merupakan unsur penting sebagai sarana penunjang kegiatan ilmiah. Pemanfaatan laboratorium harus dimanfaatkan secara optimal sebagai penunjang kualitas lulusan dengan memadukan konsep dengan empirik (realita) aspek teoritis dengan praktis dan aspek pengetahuan dengan keterampilan. Adanya pemanfaatan yang sesuai dengan kebutuhan dan digunakan sebagaimana semestinya akan sangat mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah umum pada penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan laboratorium sebagai layanan akademik mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Adapun rumusan masalah khusus dalam penelitian ini adalah (a) bagaimana gambaran pemanfaatan Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang oleh mahasiswa sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (b) bagaimana pemanfaatan Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang oleh mahasiswa sebagai tempat pengembangan keterampilan (c) bagaimana pemanfaatan Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang oleh mahasiswa sebagai tempat membina sikap (d) bagaimana pemanfaatan Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang oleh mahasiswa dalam memantapkan dan memperdalam pengetahuan Kegiatan pemanfaatan laboratorium tidak lepas dari manajemen laboratorium yang harus memperhatikan kelembagaan dan benar-benar profesional sehingga mampu mempertahankan mutu dengan pelayanan kepada pelanggan. Pemanfaatan laboratorium harus mengarah kepada manajemen layanan pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar kegiatan laboratorium mampu memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dan efisien serta merata untuk semua pengguna salah satunya yaitu mahasiswa. Dalam pemanfaatan laboratorium harus menganut asas pendayagunaan agar tidak menyimpang dari ketentuan semula. Sehingga pelaksanaan pemanfaatan laboratorium sebagai layanan akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan sesuai dengan profesi manajemen pendidikan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rancangan analisis deskriptif. Variabel penelitian ini mencakup satu variabel yaitu pemanfaatan laboratorium sebagai layanan akademik mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Objek penelitian ini adalah Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dan populasi penelitian adalah semua mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan angkatan 2006 2007 dan 2008. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data secara umum diperoleh 49 40% atau 83 mahasiswa yang menyatakan cukup optimal dalam memanfaatkan laboratorium sebagai layanan akademik. Adapun hasil data secara rinci yaitu untuk data kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di laboratorium diperoleh 45 24% atau 76 mahasiswa yang menyatakan cukup optimal kegiatan mengembangkan keterampilan di laboratorium diperoleh 48 81% atau 82 mahasiswa yang menyatakan optimal membina dan mengembangkan sikap di laboratorium diperoleh 50 00% atau 84 mahasiswa yang menyatakan optimal memantapkan dan memperdalam pengetahuan diperoleh 52 98% atau 89 mahasiswa menyatakan optimal. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan laboratorium sebagai layanan akademik mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah cukup optimal. Saran peneliti adalah (1) Jurusan Administrasi Pendidikan lebih memperhatikan pengelolaan laboratorium agar dapat dimanfaatkan dengan sangat optimal oleh mahasiswa sebagai tempat belajar mengajar (2) Laboratorium Administrasi Pendidikan diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk meningkatkan kemajuan laboratorium selanjutnya (3) mahasiswa diharapkan adanya partisipasi aktif dari mahasiswa dalam menyikapi pemanfaatan laboratorium (4) peneliti lain untuk menelaah dan meneliti lebih jauh lagi tentang pemanfaatan laboratorium dalam hal kesesuaian penggunaan dengan fungsi laboratorium meliputi semua sivitas akademik tidak hanya mahasiswa tetapi juga para dosen dan staf sehingga mampu mengungkap pemanfaatan laboratorium dari berbagai pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item