Adiska, Farhan Fauzan Damba (2023) Survei status gizi dan keterampilan motorik siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas Bawah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Farhan Fauzan Damba Adiska</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan motorik berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan gerak khususnya anak sekolah dasar yang berada dalam usia keemasan (golden age) membuat mereka dengan mudah menyerap informasi. Tetapi adanya teknologi yang semakin kompleks membuat anak lebih sering menghabiskan waktunya dengan bermain gadget daripada melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan keterampilan motoriknya rendah dan mengalami obesitas. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei bertujuan untuk mengkaji dan memetakan kondisi status gizi dan keterampilan motorik dari siswa Sekolah Dasar Negeri kelas bawah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel 144 anak Sekolah Dasar Negeri kelas bawah usia 7-9 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen antropometri dan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Hasil penelitian yang didapat diketahui sebagai berikut (1) Status gizi anak Sekolah Dasar Negeri kelas bawah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dominan berada pada kategori normal dengan jumlah 63 anak dengan persentase sebesar 44% (2) Tingkat keterampilan motorik anak Sekolah Dasar Negeri kelas bawah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang lebih dominan berada pada kategori rata-rata dengan jumlah 72 anak dengan persentase sebesar 50%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 00:52 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316111 |
Actions (login required)
View Item |