Hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah nasional bertaraf internasional di SMA/SMK se Kota Malang / Endang Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah nasional bertaraf internasional di SMA/SMK se Kota Malang / Endang Setyowati

Setyowati, Endang (2009) Hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah nasional bertaraf internasional di SMA/SMK se Kota Malang / Endang Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fungsi pengelolaan kelas sangat mendasar karena kegiatan guru dalam mengelola kelas meliputi kegiatan mengelola tingkah laku siswa di dalam kelas menciptakan iklim sosio-emosional dan mengelola proses kelompok sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan menandakan proses belajar-mengajar berlangsung secara efektif. Di samping itu seorang guru harus dapat mempengaruhi siswa untuk belajar dan menerima stimulus dengan tanggapan yang positif yang pada akhirnya akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pengelolaan kelas merupakan seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar-mengajar. Untuk mencapai hal di atas guru harus dapat mengenal masalah-masalah yang ada di kelas dan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan masalah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan kelas yang diterapkan guru di SMA/SMKN se Kota Malang ditinjau dari (a) Pendekatan pengubahan tingkah laku (b) Pendekatan iklim sosio-emosional (c) Pendekatan proses kelompok. (2) Apakah ada hubungan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa Sekolah Nasional Bertaraf Internasional di SMA/SMKN se Kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Nasional Bertaraf Internasional di SMA/SMK Negeri se Kota Malang yang berjumlah 1194 orang siswa yang tersebar di 2 SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) dan 2 SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri). Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 291 siswa yang ditetapkan dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan data yang terkumpul di dalam uji coba validitas untuk mengetahui gugur-tidaknya tiap butir angket dengan menggunakan teknik product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan teknik alpha cronbach. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment dengan menggunakan SPSS 14.00 for windows. Untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) kemampuan guru mengelola kelas dengan menggunakan ketiga pendekatan yang diterapkan di dalam proses belajar mengajar di SMA/SMKN se Kota Malang termasuk dalam kategori baik. (2) Ada hubungan yang signifikan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa Sekolah Nasional Bertaraf Internasional di SMA/SMKN se Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyajikan beberapa saran antara lain (1) perlu melakukan pembinaan terhadap guru-guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas dengan jalan melaksanakan supervisi terhadap guru-guru yang menghadapi masalah dalam hal pengelolaan kelas (2) dengan mengetahui hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan penerapan pendekatan-pendekatan pengelolaan kelas sesuai dengan situasi dan kondisi selama proses belajar mengajar berlangsung (3) guru harus memperhatikan faktor-faktor lain yang dinilai mempengaruhi motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item