Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di toko elektronik Gunung Sari Intan Malang (studi pada konsumen Gunung Sari Intan Malang) / Muhamad Baqir - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di toko elektronik Gunung Sari Intan Malang (studi pada konsumen Gunung Sari Intan Malang) / Muhamad Baqir

Baqir, Muhamad (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di toko elektronik Gunung Sari Intan Malang (studi pada konsumen Gunung Sari Intan Malang) / Muhamad Baqir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baqir Muhamad. 2014. Faktor-faktor Yang mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Di Toko Elektronik Gunung Sari Intan Malang (Studi pada Konsumen Gunung Sari Intan Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimibing (1) Dr. Syihabudhin S.E M.Si. (2) Titis Shinta Dhewi S.P M.M. Kata kunci analisis faktor keputusan pembelian 12288 12288 12288 12288 Pada masa sekarang ini hampir sebagian besar manusia tidak bisa lepas dari peralatan elektronik. Salah satu pihak yang berperan dalam keberadaan barang-barang elektronik adalah peritel barang elektronik. Dengan semakin tumbuhnya bisnis ritel elektronik di Indonesia akan menyebabkan persaingan antar pengusaha ritel semakin ketat. Pada sisi lain konsumen menjadi lebih cermat dan rasional dalam membelanjakan uangnya. Agar strategi ritel yang diterapkan dapat berhasil perusahaan sudah seharusnya dapat memahami dengan baik perilaku konsumen pasar sasaran mereka. Diantaranya adalah mengetahui profil mereka bagaimana keputusan beli yang dilakukan sikap mereka terhadap atribut-atribut toko yang ada dan sebagainya. Gunung Sari Intan Malang merupakan salah satu dari tiga pemain besar dalam industri ritel elektronik di kota Malang. Dengan persaingan yang ketat diantara para peritel elektronik di Kota Malang para pengunjung tersebut tentunya mempunyai beberapa pertimbangan ketika lebih memilih Gunung Sari Intan Malang daripada peritel elektronik lainnya. Penelitian ini berusaha menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di Gunung Sari Intan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian barang-barang elektronik di Gunung Sari Intan Malang. Menggunakan rumus sampel dalam analisis multivariate oleh Roscoe diperoleh sampel sebanyak 160 responden. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling. Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian ini menghasilkan lima faktor yang terbentuk dari 16 variabel yang diteliti. Faktor-faktor tersebut adalah (1) faktor fasilitas toko dan iklan (2) faktor pelayanan (3) faktor kelompok referensi (4) faktor promosi dan (5) faktor dimensi barang. Berdasarkan hasil analisis faktor fasilitas toko dan iklan merupakan faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di Gunung Sari Intan Malang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini peneliti memberikan saran agar sebaiknya pihak manajemen Gunung Sari Intan Malang memperbaiki kualitas fasilitas toko yang ada meliputi kebersihan ruangan fasilitas parkir dan jasa pengiriman. Dan diharapkan memberikan lebih banyak alternatif pilihan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Selain itu bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat mencari variabel maupun item lain yang diduga juga berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Gunung Sari Intan Malang. Atau jika berminat untuk mengembangkan studi ini diharapkan untuk memperdalam kajian tersebut dengan melanjutkan pada analisis lanjutan seperti analisis regresi linier berganda deskriminan maupun cluster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31609

Actions (login required)

View Item View Item