Analisis pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011 / Arief Dicky Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011 / Arief Dicky Wijayanto

Wijayanto, Arief Dicky (2014) Analisis pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011 / Arief Dicky Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanto Arief Dicky. 2014. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2011. Skripsi Program Studi Manajemen Keuangan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Lulu Nurul Istanti S.E.M.M. Ak. (2) Yuli Soesetio S.E. M. Kata Kunci current ratio return on equity earning per share dan price earning ratio Secara umum penilaian atas saham dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui analisis teknikal dan analisis fundamental. Analisis fundamental yaitu menilai saham berdasarkan kinerja dan prospek emiten untuk memperkirakan harga saham dimasa yang akan datang. Laporan keuangan merupakan salah satu tolak ukur yang mencerminkan kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan 4 variabel faktor fundamental yaitu CR ROE EPS PER. CR adalah perbandingan antara jumlah aktiva lancar dengan hutang lancar. ROE adalah kemampuan dari modal sendiri untuk menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham preferen dan saham biasa. EPS adalah merupakan jumlah laba yang menjadi hak untuk setiap pemegang saham atau lembar saham biasa. PER adalah salah satu rasio pasar yang digunakan oleh para investor untuk memprediksi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dimasa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dikatakan deskriptif karena menguraikan data-data yang telah diperoleh sehingga dapat memberi gambaran yang teratur dan jelas dari variabel-variabel yang diteliti sedangkan dikatan korelasional karena bertujuan menemukan ada tidaknya hubungan antara faktor current ratio return on equity earning per share dan price earning ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang listing di bursa efek Indonesia tahun 2009-2011. Populasi di dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari perusahaan manufaktur yang go public di bursa efek Indonesia dan masuk dalam 50 biggest market capitalization dimana jumlah populasi tersebut terdapat 16 perusahaan manufaktur. Penelitian ini mengambil 13 perusahaan dari populasi yang memenuhi beberapa pertimbangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Periode pengamatan selama 3 tahun yaitu tehun 2009 2011. data yang di gunakan terdiri dari laporan keuangan dalam annual report dan index capital market directory dan closing price tahun 2009 - 2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai CR dari 13 sampel penelitian sebanyak 1 perusahaan memiliki nilai minimum dibawah 100% sedangkan 12 perusahaan memiliki nilai CR rata-rata positif melebihi angka 100% yang menunjukkan bahwa perusahaan sampel secara umum memiliki tingkat likuiditas yang baik. Nilai ROE menunjukkan bahwa dari 13 perusahaan sampel penelitian sebanyak 3 perusahaan memiliki ROE bernilai negatif yang menunjukkan bahwa perusahaan sedang mengalami kerugian sehingga menghasilkan laba bernilai negatif. Sedangkan 10 perusahaan lainnya memiliki ROE bernilai positif yang menunjukkan bahwa perusahaan sampel secara umum memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi. Nilai EPS menunjukkan bahwa dari 13 perusahaan sampel penelitian sebanyak 2 perusahaan memiliki EPS bernilai negatif sedangkan 11 perusahaan lainnya memiliki EPS bernilai positif. Nilai PER menunjukkan bahwa dari 13 perusahaan sampel penelitian semuanya memiliki rat-rata PER bernilai positif. Saran untuk penelitian selanjutnya bisa dikembangkan dengan memperpanjang periode penelitian yang lebih baik dari penelitian ini. Apabila dimungkinkan penelitian selanjutnya bisa dikembangkan dengan memperluas sampel supaya dengan penggunaan sampel yang lebih besar diharapkan dapat menghasilkan tingkat generalisasi yang tinggi pada hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31602

Actions (login required)

View Item View Item