Kepimpinan ketua himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia (Himpaudi) terhadap peningkatan mutu pendidikan anak usia dini studi kasus Himpaudi Kota Malang / Ika Herdianning Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepimpinan ketua himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia (Himpaudi) terhadap peningkatan mutu pendidikan anak usia dini studi kasus Himpaudi Kota Malang / Ika Herdianning Astuti

Astuti, Ika Herdianning (2010) Kepimpinan ketua himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia (Himpaudi) terhadap peningkatan mutu pendidikan anak usia dini studi kasus Himpaudi Kota Malang / Ika Herdianning Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Ika Herdianning. 2008. Kepemimpinan Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Studi Kasus HIMPAUDI Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd Kata kunci kepemimpinan Ketua HIMPAUDI peningkatan mutu pendidikan anak usia dini Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini diatur secara rinci pada Pasal 28 Ayat 4 Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Anak Usia Dini bahwa pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non-formal berbentuk Kelompok Bermain (KB) Taman Penitipan Anak (TPA) atau berbentuk lain yang sederajat. Pemerintah Indonesia mulai peduli akan pentingnya pendidikan anak usia dini (2-4 tahun) yang merupakan pengalaman awal yang akan memberikan kualitas bangsa di masa yang akan datang.seperti yang telah diketahui dalam masyarakat Indonesia telah berkembang berbagai pelayanan pendidikan PAUD baik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Malang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) serta lembaga lain yang sejenis. Memiliki kepemimpinan yang profesional dan efektif merupakan kunci kejayaan dan kesuksesan organisasi yang mampu menghimpun PAUD Kota Malang. Organisasi tersebut adalah HIMPAUDI. HIMPAUDI dipimpin oleh seorang Ketua HIMPAUDI yang berfungsi sebagai kepemimpinan pendidikan yang menunjuk kepada berbagai aktifitas atau tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam upaya menggerakkan pengurus dan anggotanya agar mau berbuat sesuatu guna menyukseskan program yang telah direncanakan. Ketua HIMPAUDI dalam pengelolaan pembelajaran tidak sekedar dilandasi kemampuan mengatur dan menjalankan mekanisme kepemimpinan di sekolahnya saja tetapi juga harus mampu memimpin organisasi yang menghimpun PAUD-PAUD yang ada di Malang. Dari latar belakang di atas maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan Ketua HIMPAUDI (2) mendeskripsikan tipe kepemimpinan yang diterapkan dalam organisasi HIMPAUDI (3) mendeskripsikan fungsi-fungsi kepemimpinan Ketua HIMPAUDI dan (4) mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan HIMPAUDI untuk meningkatkan mutu PAUD. Penelitian ini dilakukan di HIMPAUDI Kota Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisa secara berulang-ulang guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitasi sumber dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini yaitu Kepemimpinan Ketua HIMPAUDI Kota Malang memiliki karakteristik yang kharismatik karena ilmu yang dimilikinya dan sikap sabar namun tegas dalam berorganisasi. Mottonya Dunia Anak adalah Dunia Saya membuatnya terus berkarya dan mengembangkan ilmunya di dunia PAUD. Tipe kepemimpinan demokratis yang dimiliki Ketua HIMPAUDI membuat para pengurus dan anggota merasa ikut terlibat langsung dan memiliki tanggungjawab besar pada setiap program kerja HIMPAUDI. Fungsi kepemimpinan yang diterapkan oleh Ketua HIMPAUDI adalah (1) fungsi penentu arah organisasi (2) fungsi wakil dan juru bicara organisasi (3) fungsi delegasi (4) fungsi konsultasi dan (5) fungsi pengendalian dan berpartisipasi. Kegiatan-kegiatan Ketua HIMPAUDI dalam meningkatkan mutu PAUD melalui (1) Ketua HIMPAUDI bertindak selaku fasilitator jika ada informasi dari Dinas Pendidikan Kota Malang kemudian disampaikan ke pengurus dan anggota HIMPAUDI (2) mengelola sumberdaya guru dalam meningkatkan profesionalitas guru (3) bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Malang dan para tokoh pendidikan agar PAUD mendapatkan perhatian serius dari pemerintah (4) meningkatkan optimalisasi peran masyarakat dalam memperkenalkan pentingnya pendidikan untuk anak-anak usia golden age. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada Ketua HIMPAUDI agar selalu menjaga dan memelihara karakteristik dan tipe kepemimpinan yang telah dimiliki melalui usaha pengembangan diri dengan menambah wawasan pengetahuan yang berkaitan dengan kepemimpinan pendidikan. Serta terus meningkatkan dan membina kerjasama yang baik dengan para pengurus anggota HIMPAUDI Dinas Pendidikan Kota Malang dan para tokoh pendidikan lainnya sehingga mutu pendidikan anak usia dini dapat terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item