Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 semester 2 di SDN Percobaan 01 Malang / Hermin Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 semester 2 di SDN Percobaan 01 Malang / Hermin Tri Wahyuni

Wahyuni, Hermin Tri (2012) Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 semester 2 di SDN Percobaan 01 Malang / Hermin Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi Pembelajaran Tematik SDN Percobaan 01 Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Percobaan 01 Malang menunjukkan bahwa di sekolah tersebut telah melaksanakan pembelajaran tematik di kelas rendah yaitu kelas 1 sampai 3. Seperti yang telah diketahui tematik merupakan pembelajaran untuk anak kelas rendah di sekolah dasar dan bagian dari KTSP yang sedang dikembangkan pada saat ini. Tematik merupakan salah satu bentuk pendekatan dari pembelajaran terpadu yang menjadi hal baru bagi guru karena pembelajaran berdasarkan pada satu tema tertentu. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah masih banyak ditemukan kekurangan dan kendala. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 Malang (2) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 Malang (3) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 Malang dan (4) upaya untuk mengatasi hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Kegiatan penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas pencarian data dengan melakukan wawancara memberikan angket kepada guru pengumpulan dokumen untuk mengetahui kelemahan pelaksanaan pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 sudah baik dan mencakup semua konsep pembelajaran tematik mulai dari persiapan pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan guru. Fakor pendukung yang dikemukakan ditinjau dari beberapa hal yaitu dukungan dari (1) sekolah (2) guru (3) siswa dan (4) lingkungan sekitar sekolah. faktor penghambat yang ditemukan adalah kesulitan guru dalam (1) Mencari kaitan antara mata pelajaran satu dengan yang lain dalam satu tema (2) Merancang pembelajaran yang padu. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan yang ditemukan adalah (1) Menggambarkan terlebih dahulu jaringan tema sehingga akan mudah dalam mencari kaitannya (2) Membuat skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan jaringan tema dan kaitan antar mata pelajaran yang telah ditemukan untuk menciptakan pembelajaran yang padu (3) Diskusi dengan guru lain di dalam KKG atau dengan teman sejawat yaitu guru kelas 1B. Beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan identifikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik di SDN Percobaan 01 Malang (2) Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan pembelajaran oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item