Penerapan strategi relationship marketing pada Hotel Sahid Montana Dua Malang / Agung Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi relationship marketing pada Hotel Sahid Montana Dua Malang / Agung Wirawan

Wirawan, Agung (2014) Penerapan strategi relationship marketing pada Hotel Sahid Montana Dua Malang / Agung Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirawan Agung. 2014. Penerapan Strategi Relationship Marketing Pada Hotel Sahid Montana Dua Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Bus. M.Si. (II) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M Kata Kunci Relationship Marketing Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok perusahaan yang langsung berhubungan dengan konsumen. Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba atau lebih bersifat traksasional. Pada saat ini pemasaran sudah mulai berubah dari berbasis transaksional menjadi pemasaran berbasis hubungan. Pemasaran berbasis hubungan tidak hanya berakhir setelah penjualan selesai. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan setelah penjualan masih harus diperhatikan perusahaan. Dalam menjaga hubungan dengan konsumen perusahaan dapat menerapkan strategi relationship marketing. 12288 12288 12288 12288 Strategi relationship marketing meliputi aktifitas seperti menarik menjaga dan meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Relationship marketing dapat dilakukan dalam beberapa bentuk meliputi core service strategy yaitu mengemas layanan inti sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat memperkuat relasi relationship customization yaitu melakuakan adaptasi layanan berdasar kebutuhan individu pelanggan serta penggunaan teknologi informasi service augmentation yaitu penyediaan layanan tambahan pada layanan utama sehingga dapat membentuk deferensiasi dengan pesain relationship pricing yaitu pengguaan insentif harga dalam upaya manarik serta membangun relasi dengan konsumen internal marketing yaitu menciptakan iklim organisasi yang membuat karyawan merasa tenang dalam bekerja sehingga dapat menyampaikan layanan dengan tepat. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan analisis mengenai penerapan strategi relationship marketing pada Hotel Sahid Montana Dua Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan strategi relationship marketing pada Hotel Sahid Montana Dua Malang (2) kendala yang timbul dalam penerapan strategi relationship marketing serta solusi yang diambil perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena peneliti tidak untuk mengeksplansi hubungan antar variable melainkan untuk mengeksplorasi keadaan yang sebenarnya terjadi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini ditemukan bahwa layanan inti perusahaan yaitu berupa room dan food yang didukung dengan layanan karyawan meliputi greeting grooming uniform. Adaptasi layanan yang diberikan hanya terdapat pada makanan karena pada layanan ruangan sudah ada standar dari masing-masing ruangan dalam penggunaan teknologi informasi perusahaan memiliki website yaitu website Hotel Sahid Montana Dua Malang dan website sahid hotel group se-Indonesia selain itu pemesanan serta pengisian guest comment juga dapat dilakukan dengan cara online. Layanan tambahan yang diberikan meliputi penjemputan dan pengantaran tamu hotel rent car laundry massage kolam renang restaurant galeri seni dalam upaya memberikan ciri khas perusahaan perusahaan mengambil tema hotel business resort serta menyajikan nuansa jawa pada lingkungan hotel. Penetapan harga dalam upaya memberikan insentif kepada konsumen digolongkan dalam tiga jenis yaitu harga umum harga khusus meliputi government rate travel agent rate corporate rate weekend rate long staying guest rate serta melakukan Packaging dan Programing. Upaya menciptakan iklim yang membuat karyawan merasa tenang dalam bekerja adalah dengan pemenuhan hak karyawan seperti pemberian gaji pokok serta jaminan kesehatan (BPJS) upaya lain yaitu meningkatkan hubungan persaudaraan antar karyawan dengan mengadakan sport activity religion activity serta kerja bakti serta dalam upaya agar karyawan dapat menyampaikan layanan dengan baik adalah dengan meningkatkan skill karyawan dengan memberikan training serta melakukan kunjungan ke perusahaan lain. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada manajemen Hotel Sahid Montana Dua Malang agar dalam penggunaan media online informasi dalam website selalu up to date dan melakukan inspeksi mendadak terhadap semua departeman agar karyawan lebih teliti dan berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai strategi relationship marketing maka bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian kuantitatif dengan tema pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen bagi bidang marketing dan pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas karyawan dalam bekerja bagi bidang sumberdaya manusia serta mengamati strategi relationship marketing pada hotel lain dengan bintang yang sama sebagai pembanding dalam upaya penerapan strategi relationship marketing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31595

Actions (login required)

View Item View Item