Layanan perpustakaan umum Pemerintah Kota Malang / Nur Umi Ratna Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Layanan perpustakaan umum Pemerintah Kota Malang / Nur Umi Ratna Wardani

Wardani, Nur Umi Ratna (2010) Layanan perpustakaan umum Pemerintah Kota Malang / Nur Umi Ratna Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Nur Umi Ratna. 2008. Layanan Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Mursyid Widjanarko (II) Dra. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci layanan perpustakaan umum. Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur jenis kelamin suku ras agama dan status sosial-ekonomi. Adanya perpustakaan diharapkan proses pendidikan tidak terhenti sampai bangku sekolah. Melalui perpustakaan umum pemerintah Kota Malang berupaya untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam mencerdaskan bangsa. Disamping itu perpustakaan merupakan sarana untuk mendukung Kota Malang sebagai kota pendidikan. Perpustakaaan merupakan organisasi/lembaga penghasil jasa sehingga peran layanan harus mendapat dukungan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan kegiatan layanan perpustakaan umum pemerintah Kota Malang secara rinci akan mendeskripsikan kegiatan layanan teknis dan layanan pembaca di Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Malang. Lokasi penelitian di Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) pengamatan/pengamatan berperan serta (2) wawancara (3) dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dicek keabsahan datanya dengan menggunakan teknik ketekunan pengamatan trianggulasi metode trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang ada di perpustakaan terdiri dari layanan teknis dan layanan pembaca. Proses layanan teknis terdiri dari (1) pengadaan bahan pustaka pertama dilakukan analisis bahan pustaka dari pengunjung katalog penerbit dan pegawai perpustakaaan kemudian dilakukan pembelian melalui pihak ketiga yaitu pemesanan tetapi ada yang dibeli langsung ke penerbit. Ketika bahan pustaka yang dibeli datang langsung dilakukan pengecekan baik kesesuaian dengan faktur maupun kondisi fisik bahan pustaka setelah sesuai kemudian diberi stempel kepemilikan dan inventarisasi dan dibuatkan katalog kertas (2) bahan pustaka diklasifikasikan yaitu dengan menggunakan sistem Dewey Decimal Classification (DDC) sehingga terbagi menjadi 10 klas (3) data-data bahan pustaka kemudian ditulis dalam buku register yang terbagi menjadi 6 buku register yaitu buku register koleksi umum referensi anak reserve keliling dan CD-Room (4) pembuatan katalog di komputer dengan cara mengentri data katalog kertas ke komputer sehingga menghasikan sistem OPAC (5) pemberian label buku (call number) pada punggung buku bagian bawah kemudian diberi tanda warna dan pemasangan barcode buku pada sampul luar bagian depan dan belakang kemudian di sampul plastik (6) penempatan bahan pustaka ke rak berdasarkan klasnya. Layanan pembaca terdiri dari layanan sirkulasi peminjaman dan pembelian serta layanan sirkulasi. Proses layanan sirkulasi menggunakan sistem terbuka jadi pengunjung diberi kesempatan memilih sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan peminjaman hanya bisa dilakukan bagi pengunjung yang sudah menjadi anggota caranya peminjam langsung menyerahkan kartu dan bahan pustaka yang dipinjam untuk dilakukan penscenan dan bahan pustaka sudah bisa di pinjam sedangkan proses sirkulasi pengembalian juga sama tetapi tempatnya yang berbeda kemudian petugas perpustakaan menata kembali bahan pustaka yang baru dipinjam ke rak. Proses layanan referensi yaitu pengunjung masuk ke ruang dilarang membawa koleksi lainbegitu juga sebalinya koleksi referensi dilarang dibawa ke luar ruangan dan bahan pustaka hanya bisa dipinjam untuk dibaca di tempat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dapat disarankan kepada pihak perpustakaan umum Sebaiknya dalam layanan teknis proses pencatatan data bahan pustaka dalam buku register tidak perlu jadi langsung dilakukan di komputer. Penempatan bahan pustaka sebaiknya diurutkan dari angka desimal kecil ke angka desimal besar pada call number yang ada di pinggung buku. Perpustakaan bekerja sama dengan perpustakaan-perpustakaan untuk menyediakan informasi katalog perpustakaan lain sehingga pengunjung bisa mendapatkan tempat dimana bahan pustaka yang dibutuhkan bisa diperoleh. Perpustakaan mengadakan penambahan bahan pustaka referensi. Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan untuk mengadakan kerjasama dengan perpustakaan umum dan perpustakaan lain untuk mengadakan pertukaran bahan pustaka dan informasi katalog bahan pustaka. Bagi peneliti lain guna memperkuat dan penyempurnaan hasil temuan penelitian ini disarankan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian yang sejenis dalam substansi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3159

Actions (login required)

View Item View Item