Prasetya, Edo (2014) Pengaruh persepsi atribut produk kartu seluler CDMA Smartfren terhadap proses keputusan pembelian (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Edo Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prasetya Edo. 2014. Pengaruh Persepsi Atribut Produk Kartu Seluler CDMA Smartfren Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Dr. Titis Shinta Dewi S.P M.M. Kata Kunci atribut produk keputusan pembelian. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pada persaingan di era globalisasi ini semakin banyak perusahaan baru yang bermunculan. Terutama pada sektor telekomunikasi yang dimana semakin tingginya tingkat aktifitas seseorang yang membutuhkan tunjangan komunikasi yang baik. Pengaruh atribut produk merupakan unsur-unsur yang melekat pada setiap produk yang selalu menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk. Smartfren merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dengan produk unggulannya berupa kartu CDMA yang menjadi pemimpin pasar di jaringan CDMA. Kartu seluler CDMA yang dimiliki oleh Smartfren memiliki sasaran yaitu seseorang yang memiliki banyak aktifitas dengan mengandalkan layanan internet karena dengan produknya itu Smartfren berusaha untuk memaksimalkan pertambahan jumlah pelanggannya dengan memaksimalkan layanan internet yang ditawarkan. Layanan internet yang ditawarkan oleh Smartfren ini juga memungkinkan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan siapa saja selama tersedia layanan jaringan dari Smartfren ini. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi atribut produk dan proses keputusan pembelian. (2) Pengaruh dari unsur atribut produk terhadap proses keputusan konsumen secara parsial. (3) Pengaruh dari unsur atribut produk terhadap proses keputusan konsumen secara simultan. (4) Pengaruh yang dominan dari unsur atribut produk terhadap proses keputusan pembelian. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yang meliputi merek (X1) harga (X2) kemasan (X3) kualitas (X4) dan layanan pendukung (X5) sedangkan untuk variabel terikat yaitu proses keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa jumlah mahasiswa yang memakai produk kartu seluler CDMA Smartfren. Berdasarkan hal itu dalam menentukan jumlah sampel peneliti melakukan survei ke dalam 13 kelas dan didapatkan sampel sebesar 113 mahasiswa. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan kriteria sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju sangat tidak setuju. 12288 12288 12288 12288 Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Untuk sumber data berasal dari sampel yang diambil yaitu mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara kuesioner dan pengamatan. Dalam penelitian ini kuesioner dibagikan pada bulan Februari 2014 yaitu dengan cara peneliti masuk ke dalam 13 kelas dan membagikan kuesioner langsung kepada mahasiswa yang menjadi sampel penelitian. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 17 for Windows. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas. (2) Uji multikolinearitas. (3) Uji heteroskedastisitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar disekitar garis diagonal pada gambar P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Jadi model regresi layak digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Responden memiliki persepsi yang cukup baik terhadap merek. (2) Responden memiliki persepsi yang cukup baik terhadap harga. (3) Responden memiliki persepsi yang baik terhadap kemasan. (4) Responden memiliki persepsi yang cukup baik terhadap kualitas. (5) Responden memiliki persepsi yang baik terhadap layanan pendukung. (6) Proses keputusan pembelian yang dilalui oleh responden cukup baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (2) Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (3) Kemasan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (4) Kualitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (5) Layanan pendukung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (6) Atribut produk (merek harga kemasan kualitas layanan pendukung) memiliki pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. (7) Kualitas memiliki pengaruh yang dominan terhadap proses keputusan pembelian. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Sebaiknya perusahaan lebih menanamkan citra merek perusahaan agar konsumen lebih tertarik akan produk yang ditawarkan. (2) Sebaiknya perusahaan mampu mempertahankan atau meningkatkan kualitas yang telah ada agar konsumen tidak merasa kecewa dan perusahaan tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. (3) Atribut produk yang meliputi merek harga kemasan kualitas dan layanan pendukung dalam penelitian ini hanya berpengaruh sebesar 60 7% maka sebaiknya peneliti selanjutnya dapat menambah atau meneliti faktor lain misalnya jaminan dan promosi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |